instagram youtube

Dinas PUPR Barru Ketiban 11 Rekomendasi Dewan

Rusdi - Penulis Berita

Senin, 1 Mei 2023 - 16:34 WIB

Minasanews.Com.Barru— Pihak DPRD Barru dalam Catatan Strategis dari Laporan Keterangan Pertanggungjawaban( LKPJ) Bupati 2022 mengeluarkan 11 rekomendasi untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang( PUPR) Kabupaten Barru.

Dari 11 rekomendasi untuk OPD ini. Ada 9 diantaranya merupakan rehabilitasi jalan, pemeliharaan dan jembatan. Selebihnya catatan strategis yang terkait dengan pertambangan rakyat dan irigasi. Catatan ini dibacakan Perwakilan DPRD Barru, Sri Wulandari pada sidang paripurna DPRD baru-baru ini.

Dewan menyoroti pengecoran jalan beton Matajang-Bujung Awo yang dinilai selesai 100 persen. Tetapi mengalami retak dibagian permukaan. Masih tentang akses jalan di Bujung Awo. Ada yang tersisa 1 km belum dibangun, agar statusnya bisa dilanjutkan pada anggaran berikut.

Rekomendasi dewan juga mengarah kepada perbaikan jembatan Kaerengnge, jembatan gantung Pacore di desa Lalabata, diusulkan untuk dianggarkan kembali. Begitu juga dengan perbaikan jembatan Pacciro yang roboh.

Baca Juga :  Pemkab Pangkep Gandeng Baznas Berbagi Tali Asih ke Pejuang Veteran

Kemudian pemeliharaan jalan di desa Tompo bersama gorong-gorong. Dewan juga meminta jalan beton agar diikuti dengan penganggaran hotmix( aspal pelapis jalan).


“DPRD Barru meminta Dinas PUPR betul-betul melihat tingkat kebutuhan dan kerusakan yang terjadi sebagai dasar prioritas. Terutama jalan yang rusak parah dan drainase,” ujar Sri.

Selain rehabilitasi dan pemeliharaan jalan serta jembatan, kata Sri. Dewan juga merekomendasi Bupati soal usulan wilayah pertambangan rakyat ke Gubernur Sulsel.

Apalagi dewan telah melayangkan surat ke Gubernur Sulsel No 540-10-5/137/DPRD tertanggal 01 Maret 2023 tentang permintaan data wilayah pertambangan rakyat.

Lalu bagaimana tanggapan Bupati Barru atas rekomendasi dewan kepada Dinas PUPR. Bupati mengapresiasi adanya rekomendasi dewan yang kemudian menjadi catatan strategis dari LKPJ Bupati.

“Insya Allah catatan strategis yang direkomendasi dewan akan kami tindaklanjuti melalui OPD terkait. Meski demikian untuk tahun ini akan dilakukan rehabilitasi jalan pada jalur Tanete Riaja-Doi-doi. Dijalur ini akan dilakukan pengaspalan kemudian dua sisi jalan akan ditambah dengan beton,” ucap Suardi

Baca Juga :  Dinas Perikanan Pangkep Sosialisasi Pugar

Apa yang menjadi rekomendasi dewan akan ditindaklanjuti sesuai anggaran yang ada. Hanya saja permintaan legislatif agar dilakukan penganggaran untuk dilakukan hotmix pada jalan beton . Menurut Suardi usulan wakil rakyat sangat bagus. ” Tetapi agak sulit dilakukan karena keterbatasan kemampuan anggaran saat ini,” ujarnya.

Suardi juga menjelaskan jika tahun ini. “Pemkab agak terbatas dalam melakukan alokasi pembangunan fisik jalan karena anggaran sangat terbatas. Kecuali ada fisik yang dibangun dari adanya anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat seperti pembangunan perpustakaan dan Gedung Pemuda,” pungkasnya.( Udi)

Berita Terkait

SMABAR Peduli Bantu Difabel Korban KA
Pansus DPRD Barru Bedah Ranperda Inisiatif Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan Sampah
Dihari Pertama Tiga Komisi Dewan Bahas Ranperda APBD 2024
Dewan Bersama Bawaslu Audience Bahas Pemilu 2024
Bupati MYL Sambut 207 Jamaah Haji Pangkep
Semen Tonasa Sabet Award Kontribusi Pajak Tertinggi
Keluarga Tak Mampu Bayar Biaya Ambulance, Ongkos Ojol Dibayarkan Pemandi Jenazah Rp 150 Ribu
Ketua DPRD Barru Pimpin Sidang Paripurna LKPJ Bupati 2023

Berita Terkait

Rabu, 10 April 2024 - 08:36 WIB

Suardi Tunaikan Janji Perbaikan Jalan Rusak Ruas Jalan Tiga Desa di Kecamatan Barru

Selasa, 25 Juni 2024 - 13:27 WIB

Legislator Temukan Toilet Jebol Saat Sidak RSUD Barru

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 10:56 WIB

Bupati Barru Minta Daftar Hadir ASN Upacara Kemerdekaan Diperketat

Sabtu, 29 Juli 2023 - 22:05 WIB

Bupati MYL Sasar Warga Tiga Kelurahan di Pangkajene Serahkan Bantuan

Minggu, 3 Desember 2023 - 17:18 WIB

Ibunda Bupati Pangkep MYL Berpulang ke Rahmatullah

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:49 WIB

Bupati Barru Akui Dirinya Keluarga Besar PPM

Senin, 24 Juli 2023 - 22:41 WIB

Bupati MYL Harap Adminduk Berikan Pelayanan Prima

Minggu, 31 Maret 2024 - 13:03 WIB

Persatuan Syiar Islam Semen Tonasa Laksanakan Beragam Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan 1445 H

Berita Terbaru

Daerah

Suardi Nilai Desain Maskot SiPade Luar Biasa

Senin, 15 Jul 2024 - 07:46 WIB

You cannot copy content of this page