instagram youtube

Peduli Keselamatan Kerja, PT IJS Indonesia Adakan Pembinaan dan Pelatihan Calon Ahli K3 di Kota Palopo

admin - Penulis Berita

Senin, 13 Maret 2023 - 17:34 WIB

Peserta pembinaan dan pelatihan Ahli K3 Kemnaker RI bersama Tim TOT PT Indotama Jasa Sertifikasi di Hotel Harapan Kota Palopo, Senin (13/3/2023).

Peserta pembinaan dan pelatihan Ahli K3 Kemnaker RI bersama Tim TOT PT Indotama Jasa Sertifikasi di Hotel Harapan Kota Palopo, Senin (13/3/2023).

Minasanews.com, Palopo – PT. Indotama Jasa Sertifikasi (PT IJS Indonesia) menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan calon Ahli K3 Kemnaker RI pada Senin (13/3) di Hotel Harapan Kota Palopo.

Dibuka secara resmi oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Palopo. Pembinaan dan pelatihan calon Ahli K3 Kemnaker RI yang diikuti 30 peserta akan berlangsung sampai tanggal 25 Maret.

“Pelatihan ahli K3 umum yang diselenggarakan oleh PT. IJS ini sangat penting. Apalagi ke depan kita menyambut bonus demografi 2045. Di mana skill atau kemampuan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja terkhusus yang memiliki sertifikasi,” ungkap Sekertaris Disnaker Kota Palopo Iwan Mursalim dalam sambutannya, Senin (13/3/2023).

“Peluang kerja dalam dunia ahli K3 sangat terbuka lebar dan sangat di dukung oleh pemerintah khususnya di Luwu Raya. Banyak perusahaan-perusahaan industri, pertambangan dan pembangunan konstruksi membutuhkan pengawas ahli K3,” sambungnya.

Sementara owner sekaligus founder PT. IJS Indonesia, Aslail Akbar menuturkan bahwa nantinya para peserta training setelah selesai mendapatkan materi di forum selanjutnya akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan yang ada di Kota Palopo.

Baca Juga :  Semen Tonasa Selenggarakan Workshop Penyusunan Proper Tahun 2023

“Setelah menerima meteri di forum dan melakukan PKL. para peserta akan melanjutkan ujian seminar hasil dan ujian post test di portal Teman K3 Kemnaker RI. Dan yang menjadi pengawas atau tim evaluator dalam ujian tersebut adalah pengawas Norma K3 KEMNAKER RI yang ada di Jakarta,” terang Aslail Akbar.

Lebih jauh, Aslail menjelaskan bahwa melalui kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Calon Ahli K3 Umum Kemnaker RI nantinya para peserta saat bekerja bisa menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

“Sesuai amanat PP No 50 Tahun 2012 tentang SMK3 bahwa tiap perusahaan yang memperkerjakan 100 orang atau lebih dan atau memiliki Potensi bahaya tinggi wajib menerapkan SMK3. Dan sekarang tinggal bagaimana kita meminimalisir bahaya dan resiko dengan penerapan Manajemen Risiko yang merata di setiap lingkungan kerja dengan peningkatan kebutuan jumlah tenaga Ahli K3 Umum di setiap perusahaan,” kata Aslail Akbar.

Baca Juga :  Bupati Barru Saksikan Pawai Obor Upacara Taptu

Diketahui para pemateri atau instruktur Pembinaan dan Pelatihan AK3U tersebut berasal dari pengawas Disnakertrans Sulawesi Selatan, UPT Kota Palopo, Praktisi K3 Kota Palopo dan Tim TOT IJS Indonesia.

PT. Indotama Jasa Sertifikasi (PT IJS Indonesia) sendiri merupakan perusahaan jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau disingkat PJK3 yang akan selalu mengapresiasi perusahaan-perusahaan dalam menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Kegiatan pembinaan dan pelatihan calon Ahli K3 Umum Kemnaker RI yang diselenggarakan PT IJS akan dilakukan setiap bulan diberbagai Kota. Dan untuk bulan Maret, PT IJS akan buka kelas lagi pada 27 Maret – 8 April dan pada tanggal 3 -15 April 2023 khusus di Kota Palopo. Pesertanya terbatas hanya 30 orang/Batch.

Berita Terkait

RDP Dewan Bahas Kemiskinan Tanpa Dinsos Barru
Bus Trans Andalan Rute Barru-Soppeng digratiskan
Melalui Partai Gerindra, Sulfiana Fokus Perjuangkan Aspirasi Pemilih Perempuan di Dapil V Bone
Ketua DPRD Barru Pimpin Rapat Penetapan Ranperda Jadi Perda APBD 2024
Agenda Bamus Pertama DPRD Barru RDP Tiga Lembaga
Perekaman e-KTP Disdukcapil Barru Sasar Anak Sekolah
Dua Bupati Tindaklanjuti MOU Jalur Garongkong-Kotabaru
Ketua DPRD Barru Pimpin Rapat Bamus Awal Tahun 2024

Berita Terkait

Selasa, 1 Agustus 2023 - 10:56 WIB

Bupati Barru Ajak Warga Desa Pujananting Jaga Tradisi

Senin, 10 Juli 2023 - 13:32 WIB

Bupati MYL Minta IBI Kolaborasi Pemkab Pangkep

Minggu, 12 Februari 2023 - 21:27 WIB

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Terapung di Perairan Liukang Tangaya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:12 WIB

Menteri Koperasi dan UKM Harap RPB Tingkatkan Kualitas Produksi Garam Maccini Baji

Rabu, 3 Mei 2023 - 12:35 WIB

Kongres Luar Biasa HPPMI Maros Lahirkan Nahkoda Baru

Kamis, 7 September 2023 - 17:58 WIB

Anggota DPRD Barru Usulkan RDP Dua OPD, Kontraktor Bersama Pengawas Proyek

Selasa, 23 Januari 2024 - 07:30 WIB

DPRD Barru Minta BBWS-BPBD Siapkan Anggaran Tanggul Jebol Sungai Dalapokkoe dan Lojie

Rabu, 10 Januari 2024 - 19:03 WIB

Ketua DPRD Barru Audience Bersama Wartawan

Berita Terbaru

Daerah

Pengawas TPS di Pangkep Meninggal Dunia

Rabu, 21 Feb 2024 - 11:57 WIB