instagram youtube

Hasil Kerjasama Pemkab Pangkep dan Semen Tonasa, Segera Hadirkan Tempat Pengolahan Sampah jadi Bahan Bakar

admin - Penulis Berita

Senin, 17 Juli 2023 - 14:59 WIB

Minasanews.com,Pangkep – Semen Tonasa dan Pemkab Pangkep dalam hal pengelolaan sampah kini semakin terlihat. Bertempat di Desa Padang Lampe, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, telah dilakukan penandatanganan prasasti pendirian Plant BADRIAH (Bahan Bakar dari Sampah) oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman,  Rabu (15/7/2023).

Plant yang merupakan tempat pengolahan sampah menjadi bahan bakar pertama di Indonesia Timur ini sendiri merupakan hasil inisiasi dan kerja sama antara PT Semen Tonasa dan Pemerintah Kabupaten Pangkep, serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, hadir pula dalam kegiatan ini Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, Wakil Bupati Kabupaten Pangkep Syahban Sammana, Direktur Utama PT Semen Tonasa Asruddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep Thamrin Taba, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Kecamatan, para pimpinan BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Thamrin Taba selaku Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep mengatakan, bahwa pembangunan fasilitas pengolahan sampah ini merupakan salah satu jawaban terhadap persoalan sampah yang ada di Kabupaten Pangkep.

Baca Juga :  DPRD Barru Kunker Dua Daerah Dalam Provinsi

“Jadi sampah yang masuk ini nantinya kemudian akan dipilah, antara sampah yang memiliki nilai ekonomis, sampah untuk kebutuhan kompos, dan sampah selainnya yang akan dijadikan bahan bakar, untuk kemudian digunakan oleh PT Semen Tonasa.” ucapnya.

Thamrin menambahkan, bahwa menurut hasil pengujian PT Geoservices, nilai kalor yang dihasilkan oleh bahan bakar dari sampah ini di atas dari yang dipersyaratkan oleh PT Semen Tonasa.

Di tempat yang sama, Bupati Pangkep M. Yusran Lalogau mengungkapkan, bahwa sejak awal menjabat dirinya sudah memikirkan tentang sampah di Pangkep.

“Saya merasa resah dengan masalah sampah ini. Namun, insya Allah dengan pembangunan Plant BADRIAH ini, saya optimis masalah sampah di Kabupaten Pangkep bisa terselesaikan dengan baik. Kedepannya, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sudah tidak kita gunakan lagi. Penyortiran dan pengolahan sampah langsung dilakukan di lokasi RDF ini,”pungkas Bupati Pangkep.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan bahwa pengelolaan sampah RDF di Kabupaten Pangkep ini adalah yang pertama di Provinsi Sulawesi Selatan dan juga sekaligus yang pertama di Indonesia Timur.

Baca Juga :  MOU Pendampingan Hemat Anggaran UK Pemetaan Talenta ASN di Barru

“Program pengolahan sampah berbasis RDF ini merupakan teknologi yang paling tepat guna untuk diimplementasikan di Pangkep. Terlebih di Pangkep sini ada Semen Tonasa yang siap menyerap seluruh bahan bakar hasil pengolahan sampah ini nantinya. Sehingga, kami di Pemprov sangat mendukung agar hal ini bisa segera terealisasi,”ucap Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam kesempatan yang sama Asruddin, Direktur Utama PT Semen Tonasa sangat mendukung pembangunan RDF ini.

“Tentu saja kami sangat mendukung pembangunan Plant BADRIAH dan impelementasi RDF di Pangkep. Secara prinsip, pengolahan sampah berbasis RDF ini sejalan dengan komitmen Semen Tonasa untuk terus meningkatkan penggunaan berbagai energi alternatif, dan sekaligus mendukung Kebijakan Keberlanjutan SIG serta Kementerian BUMN. Di Semen Tonasa sendiri, kami telah mulai melakukan investasi dengan membangun berbagai fasilitas penunjang, yang nantinya akan digunakan untuk loading bahan bakar dari sampah, ke dalam mesin produksi kami,”tutup Direktur Semen Tonasa.

Berita Terkait

Konsultasi KUPA-PPAS 2023, Wakil Rakyat Barru Kunker ke DPRD Makassar
Wakil Rakyat Barru Usung Ranperda Inisiatif Pengelolaan Sampah
Suardi Warning Kadis PUTR dan PPK Proyek Fisik Puluhan Milyar Rampung Awal Februari 2024
Kabag OPS Bersama Dua Kapolsek Polres Pangkep Dimutasi
Legislator Barru Kunker ke Pinrang Sebelum Bahas KUPA-PPAS 2023
Pansel Tetapkan Muhaemi Direksi PDAM Tirta Waesai Barru
Semen Tonasa Kolaborasi Forkopimda Gelar Tanam Pohon
Sekda Pangkep Sidak Pasar Jelang Nataru

Berita Terkait

Jumat, 30 Juni 2023 - 16:35 WIB

Sambut Idul Adha Penuh Suka Cita, Jajaran Manajemen Semen Tonasa Gelar Shalat Idul Adha Di Pelataran Kantor

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:27 WIB

Sebulan Pasca Imunisasi Bayi Tiga Bulan Meninggal di Barru

Sabtu, 30 Desember 2023 - 19:55 WIB

Karyawan Semen Tonasa Rayakan Malam Natal, Direktur: Ini Momentum Keberagaman dan Kesyukuran

Rabu, 8 November 2023 - 19:43 WIB

Bupati MYL Bagi-bagi Tandon Air ke Warga Kurang Mampu

Jumat, 7 Juli 2023 - 13:53 WIB

Wakil Pangkep Juara Dua Lomba Desa se Sulsel

Senin, 7 Agustus 2023 - 16:31 WIB

Bupati MYL Bagikan Bantuan Kelompok Usaha Perikanan di Tiga Wilayah

Jumat, 1 September 2023 - 06:18 WIB

Inovasi Peserta PKN dan PKA Ditarget Tingkatkan Pelayanan

Rabu, 26 Juli 2023 - 21:26 WIB

Bupati Barru Minta Operasi Pasar Atasi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

Berita Terbaru

Daerah

Kaji LKPJ 2023, Legislator Barru ke DPRD Makassar

Jumat, 23 Feb 2024 - 19:47 WIB