instagram youtube

Dua Warga Pulau Karanrang Meninggal Akibat Cacingan Akut

Rusdi - Penulis Berita

Jumat, 10 Februari 2023 - 05:57 WIB

Minasanews.Com.Pangkep— Warga Pulau Karanrang dibuat geger dengan adanya bakteri Cacing akut yang menyerang puluhan warga pulau yang terletak di desa Mattiro Bulu kecamatan Liukang Tupabbiring Utara kabupaten Pangkep ini.

Akibat serangan cacing akut tersebut sudah dua warga dinyatakan meninggal dunia yakni Rahma dan Indo Tuwo. Kedua warga ini tidak sempat tertolong hingga menghembuskan nafas terakhirnya.

Bahkan penyakit ini menyebabkan 17 warga lainnya terpaksa dilarikan ke PKM dan Rumah Sakit Batara Siang di Pangkajene setelah dinyatakan terserang penyakit Cacingan, DBD, demam hingga typoid.

Selain Rahma dan Indo Tuwo. Puluhan warga lainnya yang rata-rata anak-anak terserang penyakit ini sehingga dilarikan ke Pustu di pulau ini dan sebagian dirujuk ke RS Batara Siang di kota Pangkajene, Kamis(9/2) malam.

Penyakit aneh yang menimpa warga Pulau Karanrang ini membuat khawatir para warga karena dalam dua hari terakhir tiba-tiba terserang wabah dari empat indikasi gejala penyakit ini( Cacingan, demam, DBD Typoid).

Kapolsek Liukang Tupabbiring, IPTU Wahyuddin yang dihubungi Kamis malam membenarkan adanya wabah yang menyerang warga sehingga puluhan orang terpaksa dirawat di Pustu Pulau Karanrang dan ada yang dirujuk ke RSBS.

Baca Juga :  Empat Kapolsek Dua Kasat Polres Barru Dimutasi

” Informasi adanya warga yang terinfeksi penyakit ini terjadi sejak Rabu 8 Februari 2023.Pukul 18.00 Wita. Saat itu Bhabinkamtibmas Polsek Liukang Tupabbiring Sub Sektor Tupabbiring Utara Aipda Bachtiar bersama Babinsa Serka Yasin mendampingi,Tim Kesehatan PKM Sabutung melaksanakan pengawalan Pasien yang mengalami gejala DBD dari Pulau Karanrang Desa Mattiro Bulu Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara,” kata IPTU Wahyu.

Saat itu kata Kapolsek ini. Warga ini dievakuasi dengan menggunakan Kapal penumpang menuju Dermaga Maccini Baji di kecamatan Labakkang dan selanjutnya menuju Rumah Sakit Batara Siang di Pangkajene.

Pasien yang di rujuk ke RSBS yakni Kumala(15), Riska(15), Acce( 12), Andai Zaki(5). Keempat pasien ini tiba di RSBS pada pukul 19.36 Wita. Keempat merupakan warga Pulau Karanrang.

Evakuasi warga tidak berhenti sampai disitu saja. IPTU Wahyuddin menyatakan bahwa Kamis tanggal 9 Februari 2023 sekitar pukul 15.00 Wita. Pihak Polsek Sub Sektor Liukang Tupabbiring Utara bersama-sama dengan camat Tupabbiring utara, melakukan pengecekan terhadap pasien tipoid yg dirawat di Pustu Pulau Karanrang desa Mattiro Bulu.

Baca Juga :  Bupati MYL Harap Penghuni Rutan Pangkep Tidak Lagi Berniat Jadi Warga Binaan

Pasien yang saat ini dirawat Pustu pulau Karanrang yakni Hanisa(9), Nur Ramadhani(5), Andi Yahya Saputra(2) , Sunarti(35) keempatnya warga Pulau Karanrang ,Putri Amaira(2 ) alamat pulau Sabutung dan Irnawati(6) juga warga Pulau Sabutung Desa Mattiro Bulu. Sedangkan 7 warga lainnya belum teridentifikasi namanya.

Sesuai hasil pengecekan dan koordinasi dengan perawat bahwa saat ini Pustu pulau Karanrang kekurangan fasilitas medis seperti : listrik, brangkar, kursi roda, tandu, tempat tidur, tiang infus, tirai, sterilisator, UGD kit dan regulator O2.

“Untuk mengetahui kondisi pasien. Tadi sore anggota saya berangkat lagi untuk pengecekan kondisi pasien yang dirawat di Puskesdes ini,” pungkasnya.

Kadis Kesehatan Pangkep, Herlina yang berusaha dikonfirmasi belum berhasil memberikan jawaban. Handphonnya aktif tetapi tidak memberikan jawaban.( Udi)

Berita Terkait

CSR PT PLN Indonesia Power Barru Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
Terima Penghargaan Swasti Saba, MYL Ucap Terima Kasih ke Warga Pangkep
Sambut HKN, Pemkab Barru Diganjar Empat Penghargaan
Tim KKS Pusat Dua Hari Verifikasi Pangkep
Lima Ambulance Laut Puskesmas Pulau Pakai DAK
Bupati MYL Berharap Program Genius Kurangi Stunting
Nakes Pulau Sailus Pangkep Terima SK PPPK
Bupati MYL Apresiasi Nakes Pangkep Masuk 3 Besar Teladan Sulsel

Berita Terkait

Selasa, 14 November 2023 - 21:34 WIB

Sambut HKN, Pemkab Barru Diganjar Empat Penghargaan

Kamis, 14 Desember 2023 - 05:02 WIB

Dinsos Barru Dorong Mpok Darti Sebar Informasi Bahaya Stunting

Minggu, 14 Mei 2023 - 16:44 WIB

Semen Tonasa Peduli Program Pengobatan Gratis di Bulu Cindea

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:49 WIB

Pemkab Pangkep Siagakan 400 Tenaga Medis Saat Pemilu

Sabtu, 9 September 2023 - 16:39 WIB

Ketua TP PKK Barru Hasnah Syam Ajak Semua Elemen Bersatu Turunkan Stunting

Kamis, 23 Maret 2023 - 16:14 WIB

Dua Bayi Kembar di Desa Lempang Terindikasi Stunting

Jumat, 15 Desember 2023 - 20:51 WIB

Digagas Hasnah Syam, Sosialisasi BBPOM Sasar Anggota Pramuka Barru

Senin, 15 Mei 2023 - 21:23 WIB

Bupati MYL Resmikan RS Pratama, Warga Pulau Terluar Pangkep Miliki Rumah Sakit

Berita Terbaru

Daerah

Pengawas TPS di Pangkep Meninggal Dunia

Rabu, 21 Feb 2024 - 11:57 WIB