instagram youtube

Direktur Semen Tonasa Narasumber Kuliah Umum di Poltek Ujungpandang

admin - Penulis Berita

Selasa, 5 September 2023 - 14:56 WIB

Minasanews.com,Makassar- Dalam pengenalan kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Ujungpandang (PNUP) menghadirkan Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin, sebagai narasumber dalam kuliah umum yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang, Moncongloe, Maros, Sabtu (2/9/2023).

Kegiatan tersebut, Asruddin membawakan materi terkait Industri 4.0 – Daya Saing dan Keberlanjutan Industri, Peluang dan Tantangan, dihadapan manajemen PNUP, para dosen, staf kampus, serta sekitar 1.700 mahasiswa baru.

Direktur Semen Tonasa dalam paparannya terkait implementasi industri 4.0, menjelaskan bahwa digital capability Semen Tonasa dalam mengadopsi, mengintegrasikan, dan memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai tujuan bisnis, meningkatkan kinerja, dan beradaptasi dengan lingkungan yang semakin digital, terlihat dalam 4 tahapan, yaitu : Descriptive and Diagnostic Analysis, Predictive Analytics, Prescriptive Analytics, serta Self Optimising.

“Selain itu, sejak tahun 2021, perusahaan telah mengadopsi penggunaan Artificial Intelligence dalam mendukung kegiatan operasi, seperti pemanfaatan machine learning, deep learning, serta virtual reality dan robotic,”ucap Asruddin.

Baca Juga :  Semen Tonasa Peroleh Predikat Hijau Pengelolaan Lingkungan 2023

“Dampak dari implementasi Industri 4.0 di Semen Tonasa ini pun dapat terlihat jelas dan sangat terasa. Saat ini lebih dari 90% data perusahaan telah terkoneksi dan terintegrasi, serta tersedia secara real time, dapat dipertanggungjawabkan, dan mampu telusur. Selain itu, dengan teknologi ini maka banyak kegiatan yang dilakukan secara paperless. Ini tentu saja semakin menyederhanakan proses bisnis dan membuat kerja semakin efektif dan efisien. Sehingga, secara finansial cukup dapat menurunkan komponen biaya produksi,”lanjutnya.

Dalam kuliah umum ini pula, Asruddin menyampaikan harapannya agar para mahasiswa secara khusus dan dunia pendidikan secara umum dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat ini serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan industri secara umum.

“Secara khusus, dunia pendidikan memiliki tantangan Industri 4.0 yang perlu untuk segera diadaptasi. Seperti sistem pembelajaran yang inovatif di perguruan tinggi untuk mengintegrasikan objek fisik, digital dan manusia, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang terampil terutama dalam aspek data literasi, technology literasi dan human literasi. Serta yang tidak kalah penting adalah bahwa pendidik dan peserta didik harus memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menggunakan informasi yang tersedia seluas-luasnya, agar dapat menghasilkan output yang positif kedepannya menuju era Society 5.0,”tutupnya.

Baca Juga :  Buka Bersama KNPI Sulsel, Ketua KNPI : Silaturahmi Sekaligus Satukan Visi Majukan Sulsel

Pada kesempatan ini pula, ditandatangani Nota Kesepahaman antara PT Semen Tonasa dan Politeknik Negeri Ujung Pandang terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin, dan Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang, Ilyas Mansur, ini diharapkan dapat menjadi dasar kolaborasi antara kedua pihak meningkatkan kontribusi di bidang pendidikan kedepannya.

Berita Terkait

Pusat Inkubator Pengusaha Muda Mahasiswa Sulawesi Selatan, HIPMI PT Sulawesi Selatan sukses Luncurkan Program Edupreneurship.
Sambut Dies Natalis 71, FH Unhas Teken 5 Kerjasama dengan Fakultas Hukum
Hadiri Seminar Nasional, Prof. Hamzah Halim : Kita Siap Bermitra Dengan BANI
Disdik Pangkep Wujudkan Puluhan Episode Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Lantaran kuisioner: Mahasiswa ATIM Bikin Gempar Warga Net
Guru Besar di Makassar Sepakat Pengembangan Komisi Kejaksaan RI  
KKN-T 54 UNIVERSITAS BOSOWA MENGAJAK WARGA SOSIALISASI SADAR WISATA MENGGUNAKAN VESPA DI PANTAI LAGUNA BARRU.-
HALREV Unhas, Peringkat 4 Jurnal Hukum Bereputasi di ASIA

Berita Terkait

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:36 WIB

SDN 181 Lampoko Miliki Gedung Megah, Desainnya Digambar Bupati Barru

Senin, 30 Januari 2023 - 15:32 WIB

Fakultas Hukum Unhas Sambut Baik Kerja Sama dengan Udayana

Sabtu, 20 Mei 2023 - 06:33 WIB

Danny Pomanto Berambisi Terus Pertahankan Raihan WTP

Rabu, 7 Februari 2024 - 08:03 WIB

IPPM Pangkep Koordinator UIN Alauddin Goes to School

Rabu, 26 April 2023 - 09:16 WIB

Dua Mahasiswa Hukum Unhas Turut Serta Dalam Event International di New York

Selasa, 12 September 2023 - 19:48 WIB

Puluhan massa Gerakan Mahasiswa Bersatu Sulawesi Selatan (GMB Sulsel) berujuk rasa Jilid II di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan

Selasa, 2 Mei 2023 - 17:34 WIB

HALREV Unhas, Peringkat 4 Jurnal Hukum Bereputasi di ASIA

Kamis, 27 Juli 2023 - 21:30 WIB

Sukses Gelar Mubes Lema Fisip UPRI, ini Harapan Ketua Baru

Berita Terbaru

Daerah

Pengawas TPS di Pangkep Meninggal Dunia

Rabu, 21 Feb 2024 - 11:57 WIB