instagram youtube

KPU Sulsel Dapat Anggaran Pilgub 2024 Rp 408 M

admin - Penulis Berita

Kamis, 16 Maret 2023 - 20:59 WIB

Minasanews.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat jatah Rp 408 miliar untuk hajatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2024 mendatang. Rencana anggaran itu akan dipresentasikan oleh KPU Sulsel di hadapan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sulsel.

“Jadi soal anggaran Pilgub itu kita sudah sepakat yah, antara kita di KPU (Suslel) dan TAPD, pembicaraannya sudah berapa kali. Dari pembicaraan berulang itu, sejatinya kita dapat Rp 408 (miliar) lebih,” kata Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik KPU Sulsel Syarifuddin Jurdi, Kamis (16/3/2023).

Syarifuddin menyebut rencana anggaran untuk pemilu di Sulsel telah dibahasnya tahun lalu. Dia mengaku awalnya mengusulkan rencana anggaran sebesar Rp 600 miliar, hanya saja dikurangi karena telah melakukan pencermatan ulang.

“Itu kan pembahasan anggaran pilkada sejak tahun lalu. Semula kami mengusulkan 600 (miliar), kemudian kita melakukan pencermatan mengeluarkan anggaran terkait dengan covid yah, OPD itu, akhirnya jatuh di 415 (miliar), kira-kira turun lebih dari 40 lah dari anggaran Pilgub 2018,” paparnya.

Baca Juga :  Pileg 2024 di Sulsel, NasDem-Golkar Kuasai Gelanggang

Dia menyebut rencana anggaran awal itu dia kurangi tanpa ada permintaan dari TAPD. Awalnya, anggaran yang disepakati hanya Rp 406 miliar, namun ditambah kisaran Rp 2 miliar karena adanya penambahan tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa daerah.

“Terus tanpa diminta TAPD itu pembicaraan awal, kami mencermati ulang di internal KPU, kemudian turun menjadi 406 (miliar rupiah) yah, tapi karena ada beberapa penambahan TPS di beberapa daerah, akhirnya di angka 408 (miliar rupiah),” tambahnya.

Saat ditanyai tentang distribusi anggaran ke Kabupaten/Kota, Syarifuddin mengatakan pihaknya memang menanggung sebahagian aktivitas pemilihan di daerah. Termasuk pemutakhiran data pemilih, jumlah penduduk dan luas wilayah.

“Sebahagian didistribusi ke beberapa daerah Kabupaten/Kota. Jadi gini, yang akan didistribusi nanti itu terkait pemutakhiran data pemilih, itu kan dibiayai sepenuhnya oleh pemprov,” jelasnya.

Baca Juga :  Anggota Bawaslu Sulsel Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Rahmat Bagja Kukuhkan Mardiana Rusli Sebagai Ketua

Selain itu, sosialisasi dalam bentuk event yang akan dilakukan KPU Sulsel juga ditanggungnya. Syarifuddin menyebut akan mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada para pemilih, termasuk di sekolah dan perguruan tinggi.

“Nanti juga itu yang akan kami distribusikan ke bawah itu terkait sosialisasi. Misalnya gini, ada (Event KPU) goes to school, kan ini dibarengkan, masa nanti ke sekolah hanya bicara Pilgub saja, nanti datang lagi di sekolah yang sama bicara Pilkada kabupaten kan mubazzir itu,” paparnya.

“Jadi goes to school dan goes to campus, kemudian ada debat juga akan dibarengkan. Debat tentang pemilu/pilkada itu kan hampir sama dan tidak usah dipisah ada debat Pilkada kabupaten, ada debat Pilkada provinsi,” tutup Syarifuddin.

Berita Terkait

Sukses Bawa Gerindra Dipileg 2024, Aska Mappe Banjir Pelamar Cawabup
Cawapres Indonesia Timur Mencuat, Pengamat Sebut Penerus JK Belum Nampak
Suami Ketua DPRD Sulsel Yulianto Badwi Unggul Didapil Makassar2
DPRD Makassar Godok 3 Ranperda
Ridwan Kamil: Insya Allah Saya Masuk Golkar Sebentar lagi
Teguh Iswara Suardi( TIS) Siap Lanjutkan Perjuangan Hasnah Syam di DPR RI
Novianti S.Labolo Caleg Cantik Partai Nasdem Dapil 6 Target 22 Ribu Suara
Kamil Fasih PAW Sultan Abdurrahman di DPRD Pangkep

Berita Terkait

Kamis, 4 Mei 2023 - 11:41 WIB

Pensiunan Kepsek Berjuluk ‘ Jenderal ‘ Mundur Dari Bacaleg Gerindra

Rabu, 14 Februari 2024 - 19:41 WIB

Suardi Sebut Beda Pilihan Hal Biasa, Silaturahmi Tidak Boleh Putus

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:13 WIB

Aklamasi, Chaidir Syam Pimpin kembali BM PAN

Senin, 18 Desember 2023 - 15:27 WIB

Didukung NH, Herman Jaya Target 2.500 Suara di Dapil 1 Barru

Kamis, 23 November 2023 - 07:32 WIB

TIS Optimis Mampu Sinergikan Ilmu Arsitek dengan Politik

Rabu, 10 Mei 2023 - 09:58 WIB

PKS Sulsel Tolak Sandiaga Uno

Senin, 30 Januari 2023 - 09:38 WIB

Tokoh Pemuda Barru Asriadi Rijal Saingan Baru Petahana Dipileg 2024

Rabu, 21 Juni 2023 - 20:02 WIB

Ketua Umum HMI Cabang Makassar Dilengserkan,Utusan Delegasi Komisariat Tunjuk PJ Ketua Umum

Berita Terbaru

Daerah

Bupati MYL Minta PPPK Jalankan Tugas Sepenuh Hati

Jumat, 1 Mar 2024 - 06:19 WIB