instagram youtube

Legislator Barru Soroti PDAM dan Perseroda

Rusdi - Penulis Berita

Kamis, 27 April 2023 - 21:59 WIB

MInasanews.Com.Barru— Dua Perusahaan daerah berplat Pemkab Barru. Kini dalam sorotan para legislator di DPRD Barru. Bahkan masuk dalam Catatan strategis para wakil rakyat yang kemudian menerbitkan rekomendasi untuk memperoleh perhatian dari Pemkab Barru, agar bisa memberikan kontribusi.

Lalu kenapa disoroti para legislator. Bagaimana tidak Perumda PDAM Tirta Waesai yang sudah berpuluh-puluh tahun mengurusi kebutuhan air bersih untuk warga Barru. Ternyata masih berharap dana talangan setiap tahun dari Pemkab Barru.

Berdasarkan informasi yang beredar menyebutkan PDAM Tirta Waesai setiap tahun masih disubsidi.anggaran sebagai dana talangan dari Pemkab Barru senilai Rp 1 milyar.

Salah seorang anggota DPRD Barru dari Partai PDIP pernah membeberkan bocoran ini ke media bahwa dua Perusda di daerah ini belum memberikan kontribusi kepada Pemkab dan malah sebaliknya justru Pemerintah daerah yang terbebani karena masih memberikan suntikan dana yang tidak sedikit yakni Rp 1 milyar setiap tahun.

Legislator ini secara terang-terangan menunjuk Perumda PDAM Tirta Waesai. Begitu pula dengan Perseroda Pelabuhan Garongkong yang tak punya kuasa di kawasan Pelabuhan Garongkong. Meski Garongkong itu, boleh dibilang masih tanah airnya Perseroda. Tetapi secara kewenangan justru memiliki keterbatasan.

Baca Juga :  Suardi Nilai Undangan Milad DDI Sebagai Kehormatan

Jadi lembaga apa yang punya kewenangan lebih luas di Pelabuhan Garongkong. Ternyata adalah Pelindo yang nota bene sebagai pemegang rekomendasi dari Kementerian Perhubungan.

Perseroda di Pelabuhan Garongkong hanya diberi ruang untuk jual air bersih dan kuasa terhadap akses jalan dikawasan Pelabuhan.

Pantas saja kalau saat penyampaian rekomendasi dari 39 catatan strategi para wakil rakyat. Dua diantaranya yang direkomendasi para legislator untuk diberi perhatian khusus yakni Perumda Tirta Waesai dan Perseroda Pelabuhan Garongkong.

Dalam pemaparan salah seorang srikandi Dewan yang diamanahkan membacakan catatan strategis itu menjadi rekomendasi yang kemudian dipaparkan Sri Wulandari Kamis(27/4) dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Barru Lukman,T yang juga dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh dan para undangan lainnya.

“Untuk Catatan Perseroda. DPRD akan melakukan rapat kerja khusus yang melibatkan pemangku kepentingan terkait Perseroda Kepelabuhanan untuk lebih mendalami potensi masalah yanga ada dalam tubuh Perseroda yang mengakibatkan bisnis plan yang telah dirumuskan dan menjadi lampiran pada dokumen Perda Perseroda belum bisa terealisasi dengan efektif, bahkan jauh dari asumsi persentase rata-rata,”urai Sri.

Baca Juga :  Wakil Rakyat Barru Usung Ranperda Inisiatif Pengelolaan Sampah

Sedangkan rekomendasi untuk Perumda Tirta Waesai, kata legislator PKB ini. PDAM menurut dewan sebagai BUMD belum bisa memberikan deviden ke kas daerah. Bahkan tiap tahun masih membutuhkan dana talangan dari Pemda.

Dengan kondisi demikian. PDAM memerlukan revisi Perda Penyertaan Modal dan Perbup tentang pemanfaatan anggaran dan pengelolaan barang dan jasa.

Selain hal tersebut diatas. Untuk menunjang PDAM membutuhkan bak pra sedimentasi disetiap instalasi pengelolaan air( IPA) yang menggunakan air permukaan serta dibutuhkan penyusunan Rencana Pengamanan Air Minum( RPAM).

“DPRD juga tetap merekomendasikan, agar tetap mengupayakan pemasangan instalasi untuk masyarakat melalui program MBR( Masyarakat Berpenghasilan Rendah( MBR),” pungkasnya. ( Udi)

Berita Terkait

Suardi Ajak Warga Barru Cerdas Cakap dan Bijak Berdigital
Disparpora Barru Latih Wirausaha Pemula Jadi Barista
Raker Bahas El Nino Hanya Dihadiri Lima Anggota Dewan
Direktur Utama Semen Tonasa Terima Kunjungan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX
Bupati Barru Keliling Kemah Pantau Pramuka di Lajulo
Bupati Barru Geser 45 Pejabat, Kabid Humas Diskominfo SP Jabat Camat Soppeng Riaja
Ketua DPRD Barru Pimpin Rapat Bamus Pasca Idul Adha
Ketua DPRD Barru Hadiri Maulid di Tanete Riaja

Berita Terkait

Minggu, 10 Desember 2023 - 06:08 WIB

DPRD Barru Kunker Ranperda RTRW Awal Desember 2023 di Dua Daerah

Sabtu, 1 Juni 2024 - 20:08 WIB

Ex Pengurus Badko HMI Sulselbar: Tidak Mampu Tangani Banjir , Bupati Mundur Saja Dari Jabatannya

Jumat, 17 Maret 2023 - 21:39 WIB

Hasnah Syam Bagi Tips Cara Aman Warga Barru Jadi Pekerja Migran

Jumat, 7 Juli 2023 - 13:44 WIB

Bupati MYL Minta Penerima Bantuan Tidak Jual Bak Air

Kamis, 2 Februari 2023 - 21:55 WIB

SMABAR Peduli Bantu Difabel Korban KA

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:52 WIB

Baru 6 Bulan Jabat Kajari Pangkep, Nurul Wahida Rifal Dimutasi ke Kejagung

Selasa, 18 Juni 2024 - 19:30 WIB

Manajemen PT Semen Tonasa Gelar Shalat Idul Adha Hingga Pemotongan Hewan Kurban di Kantor Pusat Tonasa

Jumat, 1 Maret 2024 - 06:19 WIB

Bupati MYL Minta PPPK Jalankan Tugas Sepenuh Hati

Berita Terbaru

Daerah

Suardi Nilai Desain Maskot SiPade Luar Biasa

Senin, 15 Jul 2024 - 07:46 WIB

You cannot copy content of this page