instagram youtube

PAMSIMAS di Barru, Mahasiswa KKN tematik angkatan 54 Universitas Bosowa siap Bawah perubahan

David 08 - Penulis Berita

Selasa, 27 Juni 2023 - 16:07 WIB

Mahasiswa KKN Tematik Infrastruktur PAMSIMAS angkatan 54 Universitas Bosowa (Unibos) Makassar mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) bersama masyarakat bertempat di Aula DesaAjakkang, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, guna membahas tentang Prokja KKN Tematik, Senin (26/06/2023).

 

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh Kepala Dusun , Sekdes, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Tokoh Adat, Ketua Pokmas, Ketua Karang Taruna Desa Ajakkang, Babinsa Desa Ajakkang, Nakes Puskesmas Mangkoso, Serta Mahasiswa KKN yang didampingi langsung oleh Dosen Pendamping Lapangan, Muh. Idris Taking ST, MSP.

 

Koordinator Desa Mahasiswa KKN-TI dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN ini berbeda dengan KKN pada umumnya,dimana KKN kali ini Universitas Bosowa bekerja dengan Kementrian PUPR, tentunya ini menjadi tantangan besar bagi kami karena KKN Tematik Infrastruktur baru pertama kali dilaksanakan. KKN-Tematik Infrastruktur merujuk ke satu topik PAMSIMAS, Serta berharap dengan kehadiran dan dampingan mahasiswa KKN kendala yang di alami PAMSIMAS yang ada di dusun Ajakkang dan Minangatoa tuntas serta bisa di gunakan untuk kebutuhan masyarakat Desa Ajakkang secara khusus di Dusun Ajakkang dan Minangatoa ungkapnya.

Baca Juga :  Tim Paronda Satpol PP Makassar Patroli Rutin Daerah Milik/Pendestarian Badan Jalan

 

KKN tematik infrastruktur ini difokuskan pada PAMSIMAS yang ada di Desa Ajakkang. Survey dan observasi dilakukan pada dusun Ajakkang dan dusun Minangatoa yang telah memiliki PAMSIMAS, serta pada dusun Kampung Baru dan dusun Latappareng yang belum memiliki PAMSIMAS. Output dari survey tersebut menghasilkan poin permasalahan serta potensi pada tiap dusun.

 

Hasil dari survey inilah, dipaparkan dalam kegiatan FGD oleh perwakilan dua Mahasiswa KKN TI angkatan 54 UNIBOS, terkait Kelembagaan, belum adanya peraturan yg dibuat dalam pengelolaan dan pembiayaan pasca pelaksanaan program PAMSIMAS, serta partisipasi masyarakat melalui kepedulian yg masih rendah dalam keberlanjutan dan keberfungsian Program PAMSIMAS.

Hal ini dipertegas oleh DPL bahwa pelaksanaan setiap pasca pelaksanaan program Kementrian PUPR di tingkat desa sebaiknya perlu ditindaklanjuti dgn langkah-langkah strategis melalui pendampingan oleh seluruh peserta KKN-TI angk.54 UNIBOS.

 

Ibnu Rusdi selaku SekDes Ajakkang mengatakan bahwa Alhamdulillah ini menjadi hal yang luar biasa terjadi FGD yang sangat membuka wawasan berpkir kita, penyampaian presentasi mahasiswa dari hasil survey yang dilakukan kurang lebih sebulan ini, sangat jelas dan terarah tersusun rapi materi dan konsep Peta yang menjadikan kita mudah mengerti,juga mengatakan bahwa kami sebagai PemDes Ajakkang berharap jika dibuatkan Peta Desa Administrasi.

Baca Juga :  Kolaborasi PB HMI dan HMI Cabang Semarang Adakan Simposium Penangkalan Radikalisme

 

Bapak Kudus sebagai ketua pokmas pamsimas turut hadir dan menjelaskan bahwa pamsimas itu sendiri memiliki dua kendala utama, yaitu persoalan listrik yang belum ada dan juga pengelola yang tidak aktif.

 

Hal ini dilanjutkan oleh Pembina MI Muhammadiyah dusun Kampung Baru yang menyampaikan bahwa perlu adanya edukasi kepada masyarakat mengenai pamsimas agar masyarakat memahami pentingnya pengadaan infrastruktur tersebut. Selain itu, terkhusus dusun Kampung Baru perlu dimaksimalkan terkait pengelolaan sampah.

Salah satu nakes dari puskesmas Mangkoso turut hadir dan membahas mengenai sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang akan dilaksanakan. Beliau menyampaikan bahwa puskesmas siap berkolaborasi bersama mahasiswa KKN untuk melaksanakan sosialisasi dengan menghadirkan kader-kader stbm dari setiap dusun.

Editor : Muhammad Khadafi

Berita Terkait

Danny Pomanto Berambisi Terus Pertahankan Raihan WTP
Bupati Barru Teken MOU Bersama STIE AMKOP Makassar
Jajaki Bantuan Pendidikan Dasar, Legislator Barru Kunker di Kemendikbudristek
IKA SMPN 7 Makassar Gelar Donor Darah, Berhasil Kumpulkan 24 Kantong Darah
Belum Tiga Bulan Menjabat, Kepsek SMA-SMK di Barru Mendadak Dimutasi
Gandeng Kemendes, UNM Bakal Laksanakan RPL Mandiri dan MBKM se-Sulselbar
Revolusi Sistem Pengkaderan: Organisasi Mahasiswa Bidik Era Modern
Owner UBM Group Bangun Ponpes Modern Jabal Uhud di Barru

Berita Terkait

Rabu, 15 Maret 2023 - 18:46 WIB

Guru Besar di Makassar Sepakat Pengembangan Komisi Kejaksaan RI  

Jumat, 31 Maret 2023 - 03:30 WIB

Bu dokter Rangkai Safari Ramadhan Sosialisasi Germas

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:17 WIB

Bupati Barru Dukung Perubahan IAIN Menjadi UIN Pare-pare

Selasa, 30 Mei 2023 - 07:43 WIB

Semen Tonasa Gagas Energi Baru Terbarukan dan Jaga Komitmen Warisan Budaya di Bulu Sipong

Jumat, 27 Januari 2023 - 13:58 WIB

Festival UMKM 2023 HMMI, di Hadiri Kasat Intel Baru Polrestabes Makassar

Minggu, 7 Mei 2023 - 10:50 WIB

Hukum Unhas Gelar Lokakarya Kurikulum 2023

Senin, 1 Januari 2024 - 09:21 WIB

Melalui Program TJSL, Semen Tonasa Bantu Sekolah Luar Biasa di Pangkep

Kamis, 27 Juli 2023 - 21:30 WIB

Sukses Gelar Mubes Lema Fisip UPRI, ini Harapan Ketua Baru

Berita Terbaru

Daerah

Pengawas TPS di Pangkep Meninggal Dunia

Rabu, 21 Feb 2024 - 11:57 WIB