instagram youtube

Anak Tokoh dan Pejabat Maju Caleg Potensi Rebut Suara Millenial

admin - Penulis Berita

Kamis, 25 Mei 2023 - 08:22 WIB

Minasanews.com, Makassar – Potensi beberapa anak pejabat maupun tokoh politik di Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk merebut kursi legislatif tergolong besar.

Bukan hanya modal politik yang tak sedikit, relasi yang dimiliki oleh koleganya merupakan salah-satu aset yang tak dimiliki anak-anak muda lain. Dua contohnya yaitu anak Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) yaitu Andi Adrian Adi Putra serta putra Andi Amran Sulaiman (AAS) Andi Amar Ma’ruf.

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin Makassar Andi Ali Armunanto menilai, peluang keduanya sangat besar dalam merebut kursi Senayan.

“Mereka akan dibekali dengan modalitas politik yang kuat, akses ke partai, modal ekonomi yang cukup. Jadi saya rasa dibanding generasi muda yang lain, anak pejabat ini punya kelebihan tersendiri. Karena sudah punya modalitas yang cukup, tinggal di poles-poles dikit,” ujarnya dikutip dari harian disway, kemarin.

Selain karena keduanya anak pejabat, Andrian dan Amar Ma’ruf masih berstatus anak muda. Menurut Ali Armunanto, anak muda diuntungkan dengan bonus demografi, di mana generasi X Y Z akan mendominasi profil pemilih.

Baca Juga :  Sulsel II DPR RI Dapil Neraka Rebutan Para Tokoh

“Sehingga tentu preferensi mereka akan lebih cenderung memilih orang yang satu generasi. Mereka (juga) sangat akrab dengan sosmed dan marketing politik yang berbasis media, internet. Dan juga itu menjadi sumber informasi utama bagi generasi X, Y, Z ini,” imbuhnya.

Status Andi Adrian yang merupakan Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) Makassar menjadi modal kuat. Sementara Amar Ma’ruf yang juga Bendahara 1 Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, juga merupakan aset penting.

Kendati begitu, sebut Dosen Ilmu Sosial dan Politik Unhas, modal jaringan belum cukup. Sebab jaringan di organisasi inipun tetap harus dioptimalkan, untuk menjadi lumbung suara maupun kekuatan-kekuatan politik.

Meski Direktur Profetik Institute Asratillah ini juga sependapat, bajwa voters akan cenderung mencari kedekatan dengan calon yang akan ia pilih. Salah satunya kedekatan organisasi.

“Pemilih ini biasanya mencari proximity atau kedekatan terutama kedekatan latar belakang organisasi. Meski Muhammadiyah tidak mengarahkan untuk memilih kandidat tertentu, tetapi kemungkinan besar misalnya kalau saya berlatar belakang Muhammadiyah, kemungkinan besar (memilih kader Muhammadiyah). Secara psikologis toh, itukan psikologi politik dasar,” terangnya.

Baca Juga :  Oknum Pejabat Pemkab Barru Belum Laporkan LHKPN ke KPK

Walakin, meski berstatus elit suatu organisasi, mereka haruslah memiliki strategi yang cerdik untuk mengidentifikasi loyalis atau calon pemilih.

Terpisah, Ketua HIPMI Sulsel Andi Rahmat Manggabarani ketika dikonfirmasi mengaku mempersilahkan, apabila ada kader-kader HIPMI yang ingin terjun ke dunia politik.

“Hipmi organisasi multi partai di dalamnya. Jadi siapapun bisa berpolitik dan punya hak untuk dipilih dan memilih, oleh seluruh anggota HIPMI,” jelasnya.

Meskipun demikian, Rahmat-sapaan akrabnya menegaskan, bahwa HIPMI bukanlah organisasi politik. Oleh karena itu secara kelembagaan tidak bisa mendukung satu calon tertentu.

Senada, Sekretaris Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sulsel Sucipto Al Muhaimin menekankan, Kader Muhammadiyah punya hak politik yang sama dengan orang lain untuk memilih dan dipilih. Asalkan, tidak membawa bendera Muhammadiyah. “Tidak apa-apaji, yang penting tidak bawa bendera IPM (untuk) maju. Itu haknya mereka,” jelasnya.

Kader Muda Muhammadiyah yang akrab disapa Cipto ini, juga mengomentari ihwal apabila Amar Ma’ruf, menggunakan relasi di PP Muhammadiyah untuk melancarkan tujuan politiknya.

 

Berita Terkait

Aklamasi, Chaidir Syam Pimpin kembali BM PAN
Pemkab Barru Komitmen Alokasi Anggaran Pengamanan Pilkada Serentak 2024
Arus Bawah Indonesia Konsolidasikan Prabowo-Gibran Sekali Putaran Lewat Forum Rakyat Bicara
Maju Calon Anggota DPRD Kota Makassar, dr. Fahrizal Siap Optimalkan Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Masyarakat
Dua Pimpinan Parpol Sulit Bersaing Didapil 6 Sulsel, Ketua Demokrat Barru Berpeluang
Voter Bingung Memilih Sosok Pemimpin di PSSI
MHG Paket Ulfah Langkah Personal Mudassir, Bukan Atas Nama Partai Golkar
Teguh Iswara Suardi( TIS) Siap Lanjutkan Perjuangan Hasnah Syam di DPR RI

Berita Terkait

Jumat, 10 Februari 2023 - 22:25 WIB

Andi Nurhaldin Dampingi APPI Roadshow di Kecamatan Mamajang

Minggu, 19 Mei 2024 - 05:38 WIB

Diantar Sejumlah Tokoh, Arizaldy Aras Daftar Bacabup Tiga Parpol

Kamis, 9 November 2023 - 05:43 WIB

Kamil Siapkan 7 Saksi Lawan Partai Golkar di PN Barru

Kamis, 6 Juni 2024 - 18:28 WIB

Aska Mappe Rahasiakan Sosok Pendamping Dipilkada

Minggu, 12 Februari 2023 - 10:57 WIB

KPU Sulsel Akan Siapkan TPS Khusus Pemilu 2024

Senin, 4 Desember 2023 - 14:57 WIB

Sah! Firdaus Ditetapkan Sebagai Ketua IAP Sulsel

Jumat, 19 Januari 2024 - 13:41 WIB

Target Andi Amar Jika Terpilih di DPR RI, Pangkep Keluar Dari Kemiskinan

Kamis, 6 April 2023 - 22:32 WIB

Harapan Badko HMI Sulselbar Dalam Seleksi Komisioner KPU Sulsel

Berita Terbaru

Hukum & Kriminal

Lima Residivis Narkoba Kabur Didor Timah Panas

Selasa, 18 Jun 2024 - 12:36 WIB

You cannot copy content of this page