instagram youtube

Anggota DPRD Sulsel Pantau Pelayanan Dukcapil di MPP Barru

Rusdi - Penulis Berita

Selasa, 27 Juni 2023 - 20:43 WIB

Minasanews.Com.Barru— Agenda anggota DPRD Sulsel saat kunjungan kerja di kabupaten Barru, melakukan pemantauan pelayanan kependudukan dan catatan sipil di Mal Pelayanan Publik( MPP) Barru, Senin(26/6/2023).

Sebelum melihat langsung aktifitas pelayanan dokumen kependudukan ini. Para legislator ini diterima oleh Bupati Barru Suardi Saleh, di ruang kerjanya di lantai 5 MPP kantor Bupati.

Dihadapan para anggota DPRD Sulsel. Suardi memberikan paparan tentang keunggulan Mal Pelayanan Publik( MPP) yang dimiliki daerah ini. Rombongan DPRD Provinsi Sulsel ini di pimpin oleh H. Andi Syamsuddin Patahuddin sebagai Ketua Komisi A.

Dalam penerimaan anggota DPRD Sulsel, Bupati Barru mengucapakan selama datang di Kabupaten Barru, selanjutnya memaparkan tentang daerah ini, khususnya pada pelayanan kepada masyarakat.

Suardi menjelaskan tentang pelayanan Khususnya di Mall Pelayanan Publik (MPP) ini, Konsepnya adalah memudahkan masyarakat dalam pelayanan agar masyarakat sekali datang, ada beberapa layanan yg disiapkan, sesuai Harapan Menpan RB Cahyo Kumolo pada saat peresmian MPP ini, kami harapkan tidak hanya memberikan kemudahan tapi memberikan kebahagiaan pada masyarakat.

Selain itu Bupati menambahkan gambaran terhadap pelayan kesehatan, saat ini Pemda Barru, telah menyiapkan rumah tunggu di Makassar untuk pasien dan keluarganya, kemudian bagi masyarakat yang kurang mampu membayar rumah sakit akan di bantu oleh Baznas Barru.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Korban Tewas Pertama Uji Coba Kereta Api Di Barru

Beberapa pelayanan dari instansi vertikal, termasuk Kejaksaan dan Polri. Biasanya masyarakat takut untuk berkonsultasi dikedua instansi ini, tetapi dengan hadirnya pelayanan yang ada di MPP maka masyarakat merasa santai untuk berkonsultasi.

Terkait pelayanan kependudukan oleh Dinas Dukcapil Barru, Saat Covid-19, kita kembangkan dengan membuat petugas registrasi di Kelurahan/Desa untuk menekan pergerakan atau kerumunan masyarakat, namun sampai saat program ini masih lanjut, oleh karena itu.

“Saya berterima kasih karena sangat efektif dan sangat memudahkan masyarakat untuk mengurus data kependudukannya bahkan sudah bisa mencetak sendiri dokumen seperti KK, akte kelahiran, akte kematian, atau semua berkas yang dicetak menggunakan kertas warna putih,” ucap Suardi.

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Sulsel H. Andi Syamsuddin Patahuddin mewakili rombongan mengucapkan terma kasih atas kesediaan bupati menerima rombongan kami.

“Penerimaan ini suatu kebanggaan bagi kami karena dengan kesibukannya setiap hari melayani masyarakat, namun bupati tetap saja meluangkan waktunya menerima kunjungan ini,” ujar Syamsuddin.

“Tujuan kami ingin melihat langsung pelayanan khususnya pelayanan kependudukan, termasuk bantuan peralatan perekaman KTP karna ini adalah pelayanan yang sangat penting,” terangnya.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Barru Drs. Nasaruddin, M.Si menyampaikan selamat datang di Kabupaten Barru, selanjutnya menjelaskan tentang uapaya updating data dengan rutin turun ke masyarakat dan sekolah-sekolah melakukan perekaman KTP bagi yang sudah cukup umur, serta melakukan sosialisasi tentang kesadaran melakukan perbaikan data kependudukannya.

Baca Juga :  Tiga Kecamatan Disasar Gabungan Pansus DPRD Barru Sosialisasi Ranperda Inisiatif

Selain itu, Digital ID atau identitas kependudukan Digital menjadi salah satu inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen Kependudukan yang saat ini digunakan oleh penduduk Indonesia ke dalam Handphone baik itu berupa foto ataupun QR Code.

“Untuk tahap awal diterapkan pada pegawai di lingkungan Disdukcapil Kabupaten Barru, selanjutnya seluruh ASN Kab. Barru kemudian mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum,” ujar Nasaruddin

Dalam IKD, kata Nasaruddin tidak hanya dokumen Kependudukan KTP-el dan Kartu Keluarga secara Digital. “Namun terdapat dokumen lain yang secara otomatis dapat diakses misalnya Kartu Vaksin Covid-19, NPWP, Informasi Kepemilikan kendaraan, informasi BKN (Badan Kepegawaian Nasional) BPJS, DTKS, serta daftar pemilih tetap tahun 2024,” pungkasnya.

Lebih lanjut Nasaruddin, menyatakan Digital ID atau Identitas Kependudukan Digital merupakan transformasi dokumen identitas Kependudukan dari bentuk fisik menjadi digital.

Kunjungan DPRD Provinsi yang dipimpin H. Andi Syarifuddin Patahuddin (Ketua Komisi A), juga didampingi H. Irwan (Wakil Ketua I), M. Arfandy Idris (Wakil Ketua II), dan para anggota dewan lainnya.( Udi)

Berita Terkait

Gerakan Pasar Murah Pemkab Barru Jelang Idhul Fitri Jaga SPHP
Pejabat Gubernur Sulsel Tanam Pisang Cavendhis di Barru, Suardi Sebut Terobosan Luar Biasa
Suardi Ungkap Perbaikan Sarana Jalan di Pujananting Bukti Perhatian Pemkab Barru
PT Semen Tonasa Berhasil Lalui semester Pertama Tahun 2023 dengan Kinerja Sangat Baik
Lomba Antar BKMT se Kabupaten Pangkep Sambut Muharram dan Kemerdekaan
Dua Pansus DPRD Barru Berbagi Tugas Bahas Ranperda Inisiatif
Pemkab Gelar Dzikir dan Do’a Bersama, Suardi Harap Pemilu Damai
Anggota DPRD Barru Sasar Jembatan Gantung dan Tanggul di Tanete Rilau

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:02 WIB

Safari Ramadhan 2024 PT Semen Tonasa Sambut 26 Tahun Kementerian BUMN

Jumat, 21 Juni 2024 - 14:38 WIB

Sumpang dan Siawung Wakil Kecamatan Barru Lomba Desa Kelurahan

Kamis, 16 November 2023 - 15:15 WIB

Ketua DPRD Barru Pimpin Rapat Bamus Pertengahan Bulan

Rabu, 14 Juni 2023 - 18:18 WIB

RDP Jembatan Pesse Berawal Dari Ruang Sidang, Berakhir di Kantor Desa

Senin, 30 Januari 2023 - 11:40 WIB

Jusuf Kalla Hadiri Talkshow Pengusaha di Makassar Hari Ini

Sabtu, 6 April 2024 - 09:52 WIB

TP PKK Barru Serahkan Ratusan Paket Sembako Untuk Siswa Wahdah Islamiyah

Minggu, 12 Februari 2023 - 21:27 WIB

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Terapung di Perairan Liukang Tangaya

Minggu, 7 Juli 2024 - 21:08 WIB

Ombusman RI Terkesan Pelayanan Publik MPP Barru

Berita Terbaru

Daerah

TP PKK Desa Lompo Tengah Dilatih Peningkatan Kapasitas

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:55 WIB

Daerah

Bupati Barru Akui Dirinya Keluarga Besar PPM

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:49 WIB

You cannot copy content of this page