instagram youtube

Bupati Barru Harap Mappadendang.Dikolaborasi Budaya Lokal

Rusdi - Penulis Berita

Minggu, 27 Agustus 2023 - 12:48 WIB

Minasanews.Com.Barru–.Bupati Barru Suardi Saleh, saat menghadiri Festival Budaya Mappadengdang Desa Lalabata tahun 2023 menyampaikan pesan khusus kepada warga setempat agar tradisi Mappadendang dikolaborasi dengan berbagai budaya lokal di desa ini.

Festival Mappadendang yang digelar di lapangan Sepakbola Lappabila Dusun Matajang, Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau, berlangsung meriah karena selain dihadiri langsung Bupati Barru Suardi Saleh. Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Barru yang juga Anggota DPR RI Komisi IX drg Hj Hasnah Syam, MARS dan pemerhati budaya Teguh Iswara Suardi.

Festival Mappadendang ini mengusung tema’ Dengan Penyelenggaraan Mappadendang Kita Satukan Tekad Kebersamaan dalam bentuk kesyukuran dan Rasa mencintai Kebudayaan Lokal’

Selain itu tampak juga hadir anggota DPRD Kab.Barru Drs.H.Syamsuddin Muhiddin,M.Si, sejumlah pimpinan OPD, Camat Tanete Rilau, Dan Ramil 1405-07 Tanete Rilau, Kapolsek Tanete Rilau, Kades Lalabata, ketua BPD Desa Lalabata 17 RT Desa Lalabata, kepala dusun se Desa Lalabata, Pemerhati dan Penggiat Budaya, Para Duta Wisata Kab.Barru, tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, Wanita, masyarakat Dusun Matajang dan Undangan lainnya

Ketua Panitia Festival Mappadendang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Barru beserta rombongan dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barru, Pemerintah Kecamatan Tanete Rilau, Pemerintah Desa Lalabata, KKDB, Karang Taruna Desa Lalabata, Ikpala ( Ikatan Pemuda Lalabata), Akapela, dan Mahasiswa (i) KKN STIA AL-Gazali Barru Gelombang 32 yang telah mengsupport dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kami berharap kedepan kegiatan Festival Budaya Mappadendang bisa lebih meriah dan variatif serta menghadirkan kebudayaan lokal lainnya

Sementara itu Kepala Desa Lalabata atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat Lalabata mengucapkan rasa syukur pada malam ini tradisi mappadendang berjalan dengan baik.

Suatu kesyukuran besar karena hasil panen 2022 – 2023 cukup untuk kami syukuri atas Nikmat Allah SWT. Terima kasih kepada pemerintah Kab.Barru dan anggota DPR RI Fraksi Nasdem yang telah memberikan motivasi dan antusias dalam menggerakkan pemerintah desa Lalabata di Kecamatan Tanete Rilau.

Baca Juga :  Bupati MYL Minta Pemangku Adat Labakkang Jaga Cagar Budaya

Jumlah penduduk Desa Lalabata 5.727 jiwa, dan hasil panen itu suatu motivasi atas bimbingan dinas pertanian Kab.Barru dan DPP Kecamatan Tanete Rilau dan PPL desa lalabata.

“Alhamdulillah Masyarakat Desa Lalabata mengadakan pesta mappadendang merupakan bentuk Rasa Syukur Masyatakat Desa Lalabata atas hasil panen yang turun temurun kami lakukan setiap tahun dan kegiatan ini didukung pemerintah desa Lalabata,”

Pemerintah desa Lalabata sangat menjunjung tinggi nilai nilai dan norma agama sesuai dasar kami agama islam. Mohon maaf apabila pada pelaksanaan kegiatan ini banyak kekurangan dan belum sempurna

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya menyampaikan Alhamdulillah puji dan syukur malam ini kita diberikan nikmat kesempatan, kesehatan dan kekuatan sehingga kita semua bisa hadir dalam acara Festival Budaya mappadendang

“ini adalah acara luar biasa, tingkat desa tapi dihadiri oleh anggota DPR RI, Itulah keunggulannya ketika kita memiliki anggota DPR RI dari kabupaten barru

Suardi juga mengapresiasi Pemerintah Desa Lalabata karena terus konsisten melaksanakan kegiatan tradisi mappadendang secara turun temurun

” Setiap tahun kami hadir dan membuka kegiatan Festival Budaya Mappaendang Desa Lalabata sebagai bentuk tradisi rasa syukur atas hasil panen,” ujarnya.

“Kebiasaan atau tradisi turun temurun ini tentu harus dijaga, diperhatikan dan terus dilestarikan, karena jika tidak suatu saat anak cucu tidak akan mengetahui tradisi ini,” harapnya.

Bupati menyebut bahwa Alhamdulillah Kabupaten Barru memiliki luas lahan 15.703 ha dengan luas tanam 24.974 Ha, untuk 2 musim tanam dalam 1 Tahun dengan nilai produksi 6,5 – 7 Ton

Baca Juga :  CSR PT PLN Indonesia Power Barru Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis

“Saat ini sangat sulit untuk memperluas lahan, maka solusinya adalah mengoptimalkan, sawah yang 1 kali panen dijadikan 2 kali panen dan 3 Kali Panen,” urainya.

Hanya saja memang harus ditunjang seperti kesepakatan dan konsisten pada apa yang kita bicarakan pada tudang sipulung, kapan dimulai tanam padi, varietas apa yang kita gunakan, pupuk apa , kapan panen, kemudian Kita bisa tanam 2, 3, 4 jika didukung varietas umur pendek didukung pengairan, alat pertanian dan secara bertahap.

“Terima kasih pada Pemerintah dan Masyarakat desa Lalabata serta panitia yang mempertahankan Tradisi turun temurun, kami perhatikan dari tahun ketahun jumlah penonton semakin ramai dan ini suatu kemajuan,” pungkasnya.

– kegiatan ini merupakan wadah silaturahmi, tempat berkumpul bergembira ria, dan wujud kesyukuran atas hasil panen melimpah karena Allah mengatakan barang siapa yang mensyukuri nikmat-Ku akan kutambahkan, dan ketika kamu ingkar sesungguhnya azab-Ku benar benar sangat keras, sehingga wajib kita mensyukuri nikmat Allah

– Dalam kesempatan tersebut Bupati berpesan bahwa sekarang ini kita sudah memasuki Tahun Politik, saya berharap bahwa silaturahmi ini jangan sampai rusak karena perbedaan pilihan.karena pesta demokrasi pada hakikatnya adalah perbedaan,janganlah karena perbedaan pilihan dan warna membuat kita pecah.

– Apapun pilihannya kita adalah keluarga besar lalabata, Keluarga Besar Tanete rilau dan Keluarga Besar Kabupaten Barru..

– Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim Festival Budaya Mappadendang ini dibuka dengan resmi, semoga Allah meridhoi kegiatan kita dan memberikan manfaat kepada masyarakat, Semoga kita semua diberikan kekuatan kesehatan dalam menjalankan tugas dan peran kita masing masing.

*Humas IKP Barru*

Berita Terkait

Barru Bakal Miliki Masjid Raya Megah, Pemkab Siapkan Anggaran Rp 20 Milyar
Legislator Barru Desak Bagian Kesra Naikkan Honor Pegawai Sara’
Pemilu Tersisa 21 Hari, Bupati Barru Pantau Gudang Logistik
Bupati Barru Bersama DPRD Sepakati Ranperda Perubahan 2023
Pekan Depan KUPA-PPAS 2023 dan KUA-PPAS 2024 Diserahkan le DPRD Barru
Kapolres Barru Harap Pesta Adat Desa Nepo Jadi Magnet Pariwisata
KPU Barru Terima 6 Unit Kendaraan Operasional
Rutan Kelas II B Barru Diverifikasi TPI Inspektorat

Berita Terkait

Jumat, 31 Maret 2023 - 14:58 WIB

Imigran Asal Kashmir India Diamankan Imigrasi Pare-pare di Barru

Rabu, 28 Februari 2024 - 09:46 WIB

PT Semen Tonasa Terima Penghargaan Dari Bupati Pangkep di Acara Puncak HUT ke-64 Pangkep

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Upacara 17 Agustus Masuk Agenda Pertama Bamus Kedua DPRD Barru

Sabtu, 15 April 2023 - 07:17 WIB

RSBS Tidak Mampu Bayar Insentif THL, Komisi 2 DPRD Pangkep Akan Bentuk Pansus

Rabu, 3 Mei 2023 - 13:42 WIB

Produksi Gabah Anjlok, Komisi II DPRD Barru Minta Penjelasan Distan

Senin, 15 Mei 2023 - 22:38 WIB

Muh Ikhwan Aqhar : Pemuda Harus Memiliki Gagasan untuk Daerah, itu yang Dimiliki Pemuda di Tanah Luwu

Sabtu, 9 Desember 2023 - 13:16 WIB

Dewan Analisis RTRW Kabupaten Barru

Jumat, 5 Januari 2024 - 17:11 WIB

Inovasi Berkelanjutan Sukses, PT Semen Tonasa Adakan Tasyakuran Kinerja Perusahaan

Berita Terbaru

Daerah

Bupati MYL Minta PPPK Jalankan Tugas Sepenuh Hati

Jumat, 1 Mar 2024 - 06:19 WIB