instagram youtube

Semen Tonasa Berbagi Tantangan ke Bank Indonesia

Rusdi - Penulis Berita

Rabu, 24 Mei 2023 - 06:14 WIB

Minasanews.Com. Pangkep–PT Semen Tonasa kedatangan tamu dari Bank Indonesia yang melakukan kunjungan kerja untuk menggali informasi industri semen di Kantor PT Semen Tonasa, Selasa (23/5/2023)

Penerimaan tamu dari BI ini berlangsung di ruang rapat R1 Kantor Pusat PT Semen Tonasa. Tim BI yang melakukan kunker dipimpin langsung Direktur/Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan M. Firdauz Muttaqin.

Kedatangan pihak BI, ingin menggali informasi terkait Semen Tonasa dan sekaligus untuk memperoleh informasi mengenai kondisi dunia usaha sebagai salah satu informasi yang diperlukan untuk perumusan kebijakan.

Pada kesempatan ini, rombongan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan diterima langsung oleh Direktur Keuangan PT Semen Tonasa yang sekaligus sebagai Plt. Direktur Utama, Anis, Pgs GM Keuangan Syarifuddin, Pgs GM Komunikasi dan Hukum Ardiansyah, serta jajaran Band 2 dan Band 3 dari unit kerja terkait PT Semen Tonasa.

Anis dalam sambutannya, menyampaikan beberapa isu yang menjadi tantangan PT Semen Tonasa selama beberapa tahun terakhir. “Secara umum ada 4 hal yang menjadi tantangan Semen Tonasa. Selain masalah oversupply semen dan belum jalannya moratorium pabrik semen, kami juga harus menghadapi tingginya harga batu bara, masalah energi dan lingkungan, serta terkait dengan harga BBM yang cukup tinggi,” ucapnya.

Baca Juga :  Suardi Isyaratkan Penyerahan Ranperda APBD 2024 Miliki Dasar Hukum

Lebih lanjut, Anis menyampaikan pihaknya tetap melakukan berbagai terobosan bisnis untuk menghadapi tantangan tersebut. “Untuk menghadapi kondisi oversupply semen dan tetap mengoptimalkan operasional pabrik, kami menjajaki pasar ekspor. Tahun ini, kami berencana mengekspor 1,6 juta ton Klinker atau naik 400 ribu ton dari capaian tahun lalu,” terangnya.

“Sedangkan di bidang energi, kami meningkatkan penggunaan alternative fuel dan biomass dari limbah pertanian seperti sekam padi dan cangkang sawit. Selain itu, kami juga tengah menjalankan proyek bersama Pemkab Pangkep yaitu proyek Refuse Derived Fuel atau RDF yang akan mengubah sampah menjadi bahan bakar kami nantinya,” bebernya.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan subtitusi energi alternatif dari saat ini yang di angka 10% menjadi di atas 25% di tahun-tahun mendatang. Ini sekaligus memberi impact positif pada lingkungan karena dapat mengurangi dampak emisi batu bara,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur/Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan M. Firdauz Muttaqin menyampaikan, bahwa pihaknya mendapat banyak sekali insight dan informasi berharga terkait Semen Tonasa dan juga industri semen secara umum. Ia juga mengapresiasi berbagai langkah strategis yang dilakukan oleh Semen Tonasa, yang tidak hanya fokus pada produksi semata, namun juga tetap memperhatikan aspek lingkungan dan bisnis yang berkeberlanjutan.

Baca Juga :  Wakil Rakyat Barru Usung Ranperda Inisiatif Pengelolaan Sampah

“Penggunaan sekam padi sebagai energi alternatif ini sangat baik. Karena selain dapat mengurangi dampak lingkungan pasca panen, juga dapat menjadi penghasilan tambahan bagi petani dan juga pihak ekspeditur. Sehingga terjadi ekonomi sirkular di sini. Termasuk jika RDF ini jalan, maka tentu bisa menjadi solusi atas permasalahan sampah di beberapa kabupaten di sekitar Pangkep. Kami sangat mendukung hal ini. Semoga dari sini, ada hal-hal lain yang bisa kita kolaborasikan bersama,” ujar Firdauz

Dalam kunjungan kerja ini, rombongan dari Bank Indonesia juga berkesempatan melakukan plant visit ke dalam Pabrik Semen Tonasa, dengan didampingi oleh SM K3 dan Lingkungan Suryadi Passambangi serta SM Penunjang Produksi Hardiman, untuk melihat langsung berbagai teknologi terbaru dalam industri semen, serta penggunaan energi terbarukan seperti PLTS dan biomass.( Udi)

Berita Terkait

Usai Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI, Bupati MYL Serahkan Tali Asih
Gegara Alih Nama Sertifikat Tanah, LITCW Demo Kantor BPN dan Notaris
Bupati Barru Bangga Rutan Siapkan Ruang Tahfidz
DPRD Barru Sahkan Ranperda RTRW 2023-2042 Jadi Perda
Akses Sitanpan Didorong Permudah Pendataan Tanah
Semen Tonasa Bagikan Bantuan Alat Pertanian ke Kelompok Tani
Anggota DPRD Barru Dapil 4 Monitoring Proyek Jalan Poros Ralla-Bette
Bupati Barru Harap Pj Gubernur Sulsel Percepatan KEK Terkoneksi Pelabuhan Garongkong

Berita Terkait

Jumat, 3 Maret 2023 - 19:49 WIB

Bhabinkamtibmas Bersama Warga Desa Harapan Bangun Jembatan Darurat

Sabtu, 18 November 2023 - 21:21 WIB

Bupati MYL Minta Pemangku Adat Labakkang Jaga Cagar Budaya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:00 WIB

Pasca Bupati Barru MOU, Giliran BKPSDM PKS BKD Pemprov Jabar

Jumat, 10 Februari 2023 - 17:03 WIB

Kapolres Barru Respon Curhat Balap Liar Warga Tanete Rilau

Rabu, 26 Juli 2023 - 22:34 WIB

Bupati MYL Serahkan Bantuan Untuk Warga Empat Desa Dua Kecamatan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 10:20 WIB

Wamen DPDTT Kunker ke Barru Pantau Progres Bumdes

Minggu, 3 September 2023 - 05:43 WIB

Program Peduli Perkimtan, Bupati MYL Berbagi Ratusan Bak Air

Minggu, 19 Februari 2023 - 12:38 WIB

DLH Minta Penambang Rakyat Berkelompok Urus Izin Tambang

Berita Terbaru

Daerah

Kaji LKPJ 2023, Legislator Barru ke DPRD Makassar

Jumat, 23 Feb 2024 - 19:47 WIB