instagram youtube

Semen Tonasa Kembali Raih Prestasi Internasional

admin - Penulis Berita

Senin, 24 Juli 2023 - 11:23 WIB

Minasanews.com,Pangkep – Berhasil turunkan konsumsi energi dan capai efisiensi biaya energi dengan implementasi ISO 50001 yang diterapkan sejak 2019, PT Semen Tonasa yang merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), terpilih sebagai satu dari dua perusahaan di dunia yang memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM) pada ajang the 2023 CME’s Energy Management Leadership Awards.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arifin Tasrif, kepada Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin, yang didampingi Direktur Operasi SIG Reni Wulandari dan Direktur Operasi Semen Tonasa Mochamad Alfin Zaini, di Goa, India, pada Jumat (21/7/2023).

PT Semen Tonasa secara konsisten menerapkan Sistem Manajemen Energi berbasis ISO 50001 untuk memastikan operasional perusahaan yang berkelanjutan, mempertimbangkan isu-isu lingkungan, sosial, dan kepatuhan terhadap tata kelola (ESG).

Dalam kurun waktu empat tahun sejak penerapan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001, PT Semen Tonasa berhasil mencatatkan penghematan biaya energi sebesar $16.164.305 atau ekivalen dengan penghematan energi 1.214.159 MWh, serta pengurangan emisi CO2 sebesar 435,864.37 metrik ton.

Baca Juga :  BUMN Selenggarakan Goes to Campus, Semen Tonasa Ikut Berpartisipasi

Direktur Utama PT Semen Tonasa Asruddin menyebutkan, bahwa salah satu inisiatif yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa dalam manajemen energi yaitu dengan memanfaatkan biomassa yang bersumber dari limbah pertanian sebagai bahan bakar alternatif.

“Pemanfaatan limbah pertanian seperti sekam padi, bonggol jagung, tangkos kelapa dan semisalnya ini juga dapat menciptakan ekonomi sirkuler bagi para petani selama 4 tahun terakhir ini hingga lebih dari USD $ 2 Juta. Peningkatan penggunaan biomassa ini juga telah melalui proses penyesuaian pada raw mix design dan critical operating parameters (COP) untuk tetap mempertahankan kualitas produk. Sehingga, kami menjamin produk kami yang ada dipasaran ini tetap sama kualitasnya. Bahkan sebenarnya jauh lebih baik dari sisi lingkungan dan juga sosial masyarakat.” ucapnya.

Asruddin pun mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya implementasi Sistem Manajemen Energi di PT Semen Tonasa, hingga mendapatkan penghargaan tingkat dunia ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada para pihak yang mendukung penerapan sistem manajemen energi di Semen Tonasa,”ucap Asruddin.

Baca Juga :  Karyawan Semen Tonasa Rayakan Malam Natal, Direktur: Ini Momentum Keberagaman dan Kesyukuran

Penghargaan yang kami peroleh ini sejatinya merupakan penghargaan untuk kita semua. Tentu saja ada peran besar seluruh karyawan, ada dukungan pemegang saham dan manajemen terdahulu, ada kontribusi dari konsultan dan asesor ISO 50001, para perusahaan afiliasi dan mitra perusahaan, dan tak lupa support dari pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Pangkep, serta para warga masyarakat dan stakeholder lainnya.” pungkasnya.

CEM merupakan forum internasional tingkat tinggi yang menyatukan negara-negara terbesar dan terkemuka di dunia, organisasi internasional, dan perusahaan, untuk mencapai misi mempercepat transisi energi bersih melalui penerapan ISO 50001.

Pada 2023, CME’s Energy Management Leadership Awards memberikan penghargaan Award of Excellence in Energy Management kepada dua perusahaan dan penghargaan Energy Management Insight Awards kepada lima belas organisasi lainnya, yang dinilai telah menerapkan sistem manajemen energi serta meningkatkan kesadaran global akan manfaat ekonomi dan keberlanjutan. CME’s Energy Management Leadership Awards 2023 sendiri digelar dalam rangkaian acaraThe 14th Clean Energy Ministerial and 8th Mission Innovation pada 19-22 Juli 2023, di Goa, India.

Berita Terkait

Suardi Warning Kadis PUTR dan PPK Proyek Fisik Puluhan Milyar Rampung Awal Februari 2024
Anggota DPRD Barru Usulkan RDP Dua OPD, Kontraktor Bersama Pengawas Proyek
Pengelolaan Sampah Pemkab Badung Jadi Inspirasi Tim Pansus 1 DPRD Barru
Dua Tim DPRD Barru Kunker Dua Kabupaten
Akses Jalan Menuju Stasiun KA Barru Ditutup Ahli Waris Pemilik Lahan
Empat Bulan Gaji Belum Dibayarkan, Honorer Damkar Pangkep Gelar Demo
Bupati MYL Bagikan Ratusan Paket Sembako Ke Tenaga Lapangan DLH
PDAM Tirta Waesai Belum Sehat, Tunggakan Pelanggan Capai Rp 8 Milyar

Berita Terkait

Senin, 19 Juni 2023 - 21:52 WIB

Dukung Sijagai, Pemerintah Kecamatan Liukang.Tupabbiring Gelar Puskesmas Keliling

Senin, 5 Juni 2023 - 23:30 WIB

Empat Bulan Gaji Belum Dibayarkan, Honorer Damkar Pangkep Gelar Demo

Rabu, 24 Mei 2023 - 06:14 WIB

Semen Tonasa Berbagi Tantangan ke Bank Indonesia

Senin, 19 Juni 2023 - 20:19 WIB

Bebaskan Pangkep dari Malaria, Bupati MYL Terima Sertifikat Kemenkes

Kamis, 14 September 2023 - 09:54 WIB

BKPSDM Pangkep Konversi Nilai Seminar ASN Ajaib

Jumat, 10 November 2023 - 06:12 WIB

Atap Pasar Pekkae Rusak Parah, Legislator Barru Prihatin

Rabu, 1 Februari 2023 - 18:57 WIB

Polisi Datang, Pendemo MR DIY Tidak Muncul

Minggu, 7 April 2024 - 16:02 WIB

Luncurkan Program Smart Fisheries Village, PT PLN Indonesia Power UBP Barru Berdayakan Kelompok Tambak

Berita Terbaru

Daerah

Kapolres Barru Bantu Dusun Tak Terjangkau Listrik

Minggu, 23 Jun 2024 - 15:47 WIB

Daerah

Tiga Kadis Kompak Luncurkan Inovasi

Jumat, 21 Jun 2024 - 15:18 WIB

You cannot copy content of this page