instagram youtube

KKN-T 54 UNIVERSITAS BOSOWA MENGAJAK WARGA SOSIALISASI SADAR WISATA MENGGUNAKAN VESPA DI PANTAI LAGUNA BARRU.-

admin - Penulis Berita

Jumat, 14 Juli 2023 - 22:17 WIB


Barru.Minasanews.com Kuliah kerja nyata (KKN) Tematik yang berfokus pada pengembangan desa wisata pantai laguna melaksanakan program kerja Tambahan, salah satunya sosialisasi sadar Wisata yang bertempat di pantai laguna Desa Wisata Pao pao Kab. Barru.

Sosialisasi yang digelar oleh mahasiswa Universitas Bosowa tersebut mengangkat tema “Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Akan Potensi Wisata Sebagai Hal Fundamental Kemajuan Pariwisata Desa”

Hal pertama yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu melakukan pengajakan kepada tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk membantu mensosialisasikan kesadaran Wisata. Bersama dengan masyarakat tersebutlah yang nantinya kemudian akan berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN dalam pengembangan Pariwisata Desa Pao pao terkhususnya destinasi wisata pantai laguna.

Namun ada hal yang sangat unik dari Kegiatan sosialisasi sadar wisata ini, yaitu cara mahasiswa mengajak Masyarakat dusun Pucue mengikuti sosialisasi sadar wisata dengan menggunakan sepeda motor vespa, sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan sosialisasi dengan tujuan mendatangkan sebuah daya tarik dan minat warga dalam menumbuhkan kesadaran akan potensi wisata.

Baca Juga :  Komisi II Raker Bahas Progres Pembangunan Pertanian

Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh kepala bidang pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Barru, bapak Amiruddin, S.Sos.,M.Par. Beliau mengatakan bahwa.
“kehadiran Mahasiswa KKN Universitas Bosowa memberikan dorongan dalam Pengembangan desa Wisata terkhususnya di kawasan pantai laguna, Semoga Mahasiswa Universitas Bosowa selanjutnya memberikan inovasinya terhadap pengembangan Pariwisata yang ada pada kabupaten Barru”.

“Adanya kegiatan ini diharap mahasiswa mampu memberikan energi positif kepada masyarakat setempat untuk lebih memanfaatkan media digital sebagai tempat untuk mempromosikan keindahan pariwisata desa Pao Pao lebih tepatnya di pantai laguna,” ujarnya.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN-T angkatan 54 Universitas Bosowa Desa Wisata Pao Pao, Abdillah SAS., S. Kom. M.Pd. menyampaikan, “berdasarkan koordinasi DPL dengan perangkat desa KKN desa Pao Pao berhasil melaksanakan program kerja dalam hal meningkatkan potensi wisata Pantai laguna, dengan cara pembuatan dan pembenahan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas di lokasi wisata tersebut dan yang paling penting mahasiswa KKN berhasil mengajak unsur masyarakat berkolaborasi dalam kegiatan pembenahan tersebut”.

Baca Juga :  Bupati Bulukumba Sebut Bakti Sosial HMI Kedokteran UMI Sangat Membantu Warga

Selain itu juga Muhammad Ihsan selaku koordinator desa KKN TEMATIK 54 Universitas Bosowa, mengatakan bahwasanya “terkait pelaksanaan sosialisasi sadar wisata yang kami selenggarakan ada 2 hal sebenarnya yang saya tekankan yakni kesadaran pemimpin dan kedua kesadaran masyarakatnya. Karena tanpa ada hubungan yang baik antara pemimpin dan masyarakatnya sendiri, suatu wilayah potensi wisata misalnya yang ada permasalahan didalamnya itu tidak akan pernah terselesaikan jikalau semua pihak terkait itu mengedepankan egonya masing – masing.

Nah salah satu indikator terpenting kemajuan pariwisata desa ialah terletak pada kesadaran diri tiap individu dalam masyarakatnya, karena ketika seluruh golongan masyarakat dalam suatu wilayah sadar akan potensi wisata yang ada dilingkungannya, maka itu akan menjadi dasar atau pondasi yang baik untuk pengembangan dan pelestarian tempat wisata demi kemajuan desa kedepannya dalam sektor pariwisata.”

Berita Terkait

Ketua DPRD Barru Pimpin Rapat Bamus Pertengahan Bulan
Bupati MYL Serahkan Bantuan Untuk Warga Empat Desa Dua Kecamatan
Ketua TP PKK Barru Kunker ke Desa Terjauh
Bapemperda Menunggu Jadwal Singkronisasi Ranperda Inisiatif Dari Kemenkumham
Empat Bulan Gaji Belum Dibayarkan, Honorer Damkar Pangkep Gelar Demo
Mahasiswa di Makassar Tewas Bunuh Diri Usai di Tangkap Terkait Narkoba
Pansus DPRD Barru Bedah Ranperda Inisiatif Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan Sampah
Bupati Barru Sebut Sudah Gelontorkan Anggaran Rp 3 Milyar Untuk SMPN 18

Berita Terkait

Jumat, 12 Mei 2023 - 06:25 WIB

Badan Kehormatan DPRD Barru Minta Legislator Lebih Aktif

Senin, 18 Maret 2024 - 14:08 WIB

Wakil Ketua I DPRD Barru H Kamil Ruddin Gelar Reses Masa Sidang ke II

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:36 WIB

Tiga Nama Calon Sekda Sulsel Belum di Tetapkan, Jokowi : Belum Sampai di Meja Saya

Senin, 17 Juni 2024 - 11:17 WIB

Dua Pansus Ranperda Inisiatif DPRD Barru Kunker ke Sulbar

Selasa, 14 November 2023 - 21:52 WIB

Pelaku Usaha Peserta Sosialisasi Terima Logo Sertifikat Halal

Kamis, 27 Juli 2023 - 21:30 WIB

Sukses Gelar Mubes Lema Fisip UPRI, ini Harapan Ketua Baru

Selasa, 7 Februari 2023 - 12:14 WIB

Mahasiswa IPPM Pangkep Desak Kejari Usut Kades Balo-baloang

Jumat, 24 Februari 2023 - 16:43 WIB

Warga Madello Minta Andi Ina Bangun Tanggul Pantai

Berita Terbaru

Daerah

TP PKK Desa Lompo Tengah Dilatih Peningkatan Kapasitas

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:55 WIB

Daerah

Bupati Barru Akui Dirinya Keluarga Besar PPM

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:49 WIB

You cannot copy content of this page