instagram youtube

RSBS Pangkep Dililit Utang, THL Membludak

Rusdi - Penulis Berita

Sabtu, 15 April 2023 - 03:53 WIB

MInasanews.Com.Pangkep— Beban Rumah Sakit Batara Siang( RSBS) Pangkep dengan status Badan Layanan Usaha Daerah( BLUD) semakin carut marut. Selain terbebani dengan biaya operasional cukup tinggi. Kemudian bertambah lagi penerimaan biaya jasa yang tidak bisa mengimbangi besaran pengeluaran.

Imbasnya RSBS sampai saat ini dibebani utang berjalan yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Sebagai Direktur RSBS Pangkep, dr Sri Nurul Hidayah yang baru bertugas sejak 2022 harus diperhadapkan dengan kondisi ini.

“Saat saya diberi amanah memimpin RSBS yang pertama dihadapi masalah utang berjalan yang jumlahnya mencapai angka sekitar Rp 15 milyar. Tetapi setahun berjalan sedikit demi sedikit utang itu kami sudah berhasil membayarkan hingga kisaran Rp 4 milyar,” kata dr Sri.

Bukan hanya soal utang yang dihadapi Manajemen RSBS Pangkep. Jumlah tenaga harian lepas ( THL)yang membludak. Saat masuk memimpin jumlah THL mencapai 611 orang hingga tahun 2022.

Baca Juga :  Ketua KPU Sulsel: Perseteruan Dua Komisioner KPU Pangkep Sudah Dimediasi

“Beruntung saat itu ada 50 an THL yang keluar karena pindah kerja dan ada yang lulus ditempat lain sehingga sekarang tinggal 569 orang . Jumlah THL tersebut masih dinilai terlalu banyak dan inilah yang menjadi beban Rumah Sakit. Padahal idealnya THL yang harus ada disini sekitar 427 orang,” ucap dr Sri.

Akibatnya kata dr Sri berpengaruh terhadap pembayaran insentif THL dan itu pun harus disesuaikan dengan volume kerja dari THL ini. “Beban THL ini sangat besar terhadap Manajemen Rumah Sakit karena jumlahnya yang terlalu banyak. Makanya sistem penggajian di RSBS sangat banyak pembaginya dibanding pendapatan yang masuk,” ujarnya.

Itulah sebabnya insentif tidak merata dan ada yang tertunda pembayarannya. Terkait dengan adanya tuntutan THL yang belum dibayarkan insentifnya tiga bulan masih dibahas secara internal

Dirut RSBS menambahkan bahwa saat ini Rumah Sakit yang dipimpinnya membawahi 569 THL dan sekarang kondisi keuangan dalam kondisi kurang memungkinkan. Kondiso ini semakin berat dengan adanya tuntutan para THL.

Baca Juga :  dokter Ulfa Ajak Warga Belanja di GPM, Harga Lebih Murah dan Berkualitas

Menuntut hak boleh saja, kata Dirut RSBS ini. Tetapi dengan keadaan seperti saat ini. Kita sedang membicarakan secara internal dan semoga ada solusinya. “Jika ditelisik keberadaan THL. Awalnya ketika baru masuk bekerja di Rumah Sakit ini, mereka tidak mempermasalahkan gaji. Setelah para THL bekerja baru kemudian menuntut gaji,” imbuhnya.

Semestinya para THL dan semua pihak bahwa RSBS yang berstatus BLUD, lanjut dr Sri ibarat perusahaan yang mengelolah rumah tangga sendiri. “Ada saatnya perusahaan ini dalam keadaan normal dan baik-baik saja. Tetapi perusahaan kita dalam hal ini Rumah Sakit secara ekonomi dari segi pendapatan sedang dalam kondisi kurang baik sehingga perlu dipahami semua pihak, terutama para THL,” pungkasnya.( Udi)

Berita Terkait

KPU Barru Terima 6 Unit Kendaraan Operasional
Semarak Dies Natalis ke 71, Fakultas Hukum Unhas Gelar Sosialisasi Hukum di Pangkep
Dewan Analisis RTRW Kabupaten Barru
Jelang Pencoblosan Pemilu, Legislator Barru Pulang ke Dapil
Bupati Barru Nilai Ranperda Perubahan Pakai Pendekatan Kinerja
DLH Minta Penambang Rakyat Berkelompok Urus Izin Tambang
Parlemen Barru Buka Ruang Publik Kritisi Naskah Akademik Ranperda Pengelolaan Sampah
Bupati Barru Minta Daftar Hadir ASN Upacara Kemerdekaan Diperketat

Berita Terkait

Minggu, 10 Desember 2023 - 04:16 WIB

Bapemperda DPRD Barru Bersama Bagian Hukum Bedah Propemperda

Kamis, 19 Oktober 2023 - 06:58 WIB

Warga Kesulitan Air Bersih, Anggota DPRD Barru Usul Dilakukan Salat Minta Hujan

Selasa, 10 Oktober 2023 - 21:59 WIB

Diacara Maulid, Suardi Ajak Warga Perkuat Tali Silaturahmi

Kamis, 3 Agustus 2023 - 05:33 WIB

Mantan Wapres JK Kunjungi Ponpes DDI Mangkoso

Sabtu, 29 April 2023 - 14:41 WIB

Pembekalan dan Pelepasan KKN IAIN Bone, Putra Bone Andi Syarif Hidayatullah Aksa: Mahasiswa Harus Berkontribusi Memajukan Perekonomian Desa

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 14:34 WIB

DPRD Barru RDP Developer dan Perbankan

Rabu, 18 Oktober 2023 - 20:17 WIB

Raker Bahas El Nino Hanya Dihadiri Lima Anggota Dewan

Jumat, 27 Januari 2023 - 08:12 WIB

Interior Ruang Kerja Bupati Barru Ala Hotel Bintang Lima

Berita Terbaru

Hukum & Kriminal

Lima Residivis Narkoba Kabur Didor Timah Panas

Selasa, 18 Jun 2024 - 12:36 WIB

You cannot copy content of this page