instagram youtube

Suardi Harap Tak Ada Lagi Warga Barru Tidak Berobat Karena Tidak Mampu

Rusdi - Penulis Berita

Jumat, 17 Maret 2023 - 16:29 WIB

Minasanews.Com.Barru–Saat ini Universal Health Coverage( UHC) 2023 kabupaten Barru sudah mencapai kisaran 100 persen. Capaian ini kemudian memantik harapan dari Bupati Barru Suardi Saleh, agar tidak ada lagi warganya yang mau berobat karena tidak mampu.

Sikap ini disampaikan Bupati Barru Suardi Saleh saat membuka lokakarya optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di lantai 6 Tower MPP Kabupaten Barru, Kamis(16/03/23).

Pelaksanaan agenda ini juga dihadiri langsung Bupati Barru Suardi Saleh, Ketua TP PKK Barru drg Hj Hasnah Syam, MARS, Sekda Barru Dr Abustan, AB, PC USAID ERAT Sulsel, Kepala BPJS Cabang Parepare, Sejumlah Pimpinan OPD, Tenaga Ahli P3MD Provinsi Sulsel, Para Camat se Kabupaten Barru, Kades / Lurah serta Ketua Simpul Belajar Yasibberui, Para pendamping USAID Kab.Barru (ERAT, MADANI, IUWASH TANGGUH), seluruh Ketua SLRT dan TA P3MD.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja OPS dalam pencapaian UHC, Melalukan percepatan potensi UHC di Desa / Kelurahan, Mengembangkan strategi dan Kolaborasi Percepatan Pencapaian UHC. Kegiatan ini dikoordinir oleh Distict Fasilitator USAID ERAT Kabupaten Barru

Baca Juga :  DPRD Barru RDP Proyek Ruas Jalan Ralla- Bette

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya mengucapkan Alhamdulillah Kabupaten Barru telah menerima Penghargaan UHC sebagai bentuk apresiasi atas Komitmen yang tinggi serta dukungan dalam upaya upaya optimalisasi penyelenggaraan program JKN.

“Capaian ini sudah sesuai Instruksi Bupati Nomor 74 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan JKN dalam pencapaian UHC di Kabupaten Barru dan Salah satu program unggulan RMJMD Kabupaten Barru Tahun 2021-2026 adalah Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas dimana Penduduk harus mendapatkan pelayanan kesehatan UHC 100%,” beber Suardi.

Sejalan dengan itu, kata Suardi. Pemerintah telah melaksanakan Beberapa program dalam meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan dengan mutu yang memadai, pembenahan fasilitas kesehatan, disamping itu pemerintah telah intens memberikan edukasi pola hidup sehat dan bagaimana ketika masyarakat tidak memiliki biaya maka JKN menjadi solusi serta melakukan Kerja sama dengan Pihak lain seperti Baznas dan BPJS.

Baca Juga :  DLH Minta Penambang Rakyat Berkelompok Urus Izin Tambang

“Saat ini persentase capaian UHC kita sudah 100% dan hal ini tercapai berkat komitmen Pemkab.Barru dalam menjamin kesehatan penduduknya melaluo PPBU (PBI APBD),” jelasnya.

Meski begitu, Suardi membeberkan jika saat ini masih ada kepesertaan yang non aktif sekitar 9,96% sehingga perlu dilakukan penataan kepesertaan,pemadanan data agar penduduk yang belum memiliki JKN atau JKN non aktif dapat tercover kembali sebagai peserta JKN, dan melakukan verifikasi dan Valisidasi Data Kepersetaan secara berkala.

“Untuk mencapai UHC menegaskan Agar semua pihak berkolaborasi dan berkoordinasi dalam menjalankan Instruksi Bupati Nomor 74 Tahun 2022 sesuai dengan Tufoksi masing masing dalam peningkatan cakupan kesehatan,” bebernya.( Udi)

Berita Terkait

Lima Perwira Polres Pangkep Dimutasi
Wabup Pangkep Nilai Donor Darah Berharga Sebagai Amal Jariyah
Peringatan Maulid, Bupati MYL Sampaikan pesan Pemilu
BKPSDM Pangkep Konversi Nilai Seminar ASN Ajaib
Ketua DPRD Barru Hadiri Maulid di Tanete Riaja
Kejari Barru Bidik Proyek Jalan Rp 33,3 Milyar Ruas Pekkae-Takalalla
Gubernur ASS Dijadwalkan Nginap di Barru dan Malming Temu Kades
Bupati Barru Sebut Kehadiran Warga di Malam Ketujuh Wafatnya Hasnah Syam Sebagai Obat Penawar Kesedihan

Berita Terkait

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:52 WIB

Wakil Rakyat Barru Kunker RTRW Luar Provinsi Selama 4 Hari

Kamis, 21 Desember 2023 - 06:33 WIB

Bupati MYL Warning Kasus Demam Berdarah Harus Jadi Perhatian

Senin, 13 Maret 2023 - 12:11 WIB

CSR Semen Tonasa Fasilitasi Studi Banding Forum Desa-Kelurahan

Sabtu, 1 Juli 2023 - 18:14 WIB

Bupati MYL Hadiri HUT Bhayangkara, Kapolres Pangkep Bacakan 5 Instruksi

Rabu, 17 Mei 2023 - 20:54 WIB

Serikat Karyawan Semen Tonasa Gelar Donor Darah

Senin, 19 Juni 2023 - 11:32 WIB

Gerakkan Perkembangan Ekonomi Desa, Semen Tonasa Inisiasi Pelatihan Produksi Paving Blok

Minggu, 22 Oktober 2023 - 19:16 WIB

Suardi Harap HSN Jadi Napak Tilas Perjuangan Santri

Sabtu, 25 November 2023 - 07:54 WIB

Dihari Pertama Tiga Komisi Dewan Bahas Ranperda APBD 2024

Berita Terbaru

Daerah

Bupati MYL Minta PPPK Jalankan Tugas Sepenuh Hati

Jumat, 1 Mar 2024 - 06:19 WIB