instagram youtube

Suardi Salat Idul Adha di Tanete Riaja, Ketua TP PKK Barru di Mekkah

Rusdi - Penulis Berita

Kamis, 29 Juni 2023 - 16:46 WIB

Minasanews.Com.Barru— Pelaksanaan salat Idul Adha 1444 Hijriyah tingkat kabupaten Barru dipusatkan di.lapangan sepakbola La Bandu, Ralla kecamatan Tanete Riaja, Kamis(29/6/23). Bupati Barru Suardi Saleh juga melaksanakan salat Id ini di Tanete Riaja.

Suardi salat Idul Adha tahun ini tanpa didampingi sang istri. Ketua TPP PKK kabupaten Barru, drg Hj Hasnah Syam secara terpisah menunaikan ibadah haji di Mekkah sehingga Bu dokter begitu biasa ia disapa menunaikan salat Idul Adha di Tanah suci Mekkah.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 H di Lapangan Sepakbola La Bandu di Tanete Riaja juga dihadiri Ketua DPRD Barru, unsur Forkopimda, Sekda Barru Abustan, AB, para Staf Ahli, asisten dan pimpinan OPD, ketua KKDB Timika, Ketua dan pengurus PHBI Barru, para alim ulama, tokoh Agama dan tokoh masyarakat.

Bupati Barru, Suardi Saleh mengawali sambutannya dengan mengajak seluruh jamaah untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas ridha dan nikmat yang diberikan sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk melaksanakan shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H di lapangan La Bandu ini.

Dijelaskan Suardi. Beberapa waktu yang lalu rombongan jamaah calon haji kabupaten Barru yang tergabung dalam kloter 11 dan kloter 32 berangkat ke-tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. “Demikian juga Ibu ketua TP PKK Barru melaksanakan tugas pengawasan DPR RI saat ini berbaur dengan jutaan jamaah dari seluruh penjuru dunia meninggalkan Arafah menuju Musdalifah dan terus ke Mina sambil mengumandangkan tabliyah,” ucap Suardi.

Baca Juga :  Bupati MYL Kenalkan Potensi Pangkep ke Mahasiswa.Malaysia dan Perancis

Ditambahkan Suardi. Hari Raya Idul Adha merupakan hari bersejarah bagi umat manusia, sekaligus menjadi simbol-simbol situs kenabian yang masih tetap terjaga sampai hari ini, karena Nabi Ibrahim, Sitti Hajar, dan Nabi Ismail telah meletakkan dasar-dasar keteladanan yang fundamental hingga kini masih bisa kita laksanakan yakni; penyembelihan hewan qurban.

“Pada hakekatnya ibadah qurban mengandung nilai-nilai kemanusiaan karena lewat ajaran qurban, ummat Islam akan menemukan jati dirinya sebagai ummat yang memiliki kepedulian sosial terhadap sesama manusia,” ujar Suardi menambahkan

“Alangkah indahnya hidup ini apabila teladan yang diwariskan Nabi Ibrahim dapat kita wujudkan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat khususnya di kabupaten Barru yang kita cintai ini,” urainya.

Bupati Barru dua periode ini menyatakan. Sebagaimana lazimnya, pada hari ini banyak warga masyarakat yang memberi dan menerima daging qurban. “Untuk itu, sebagai Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah menunaikan kewajibannya dalam berqurban, disertai harapan agar mereka yang telah memiliki kemampuan namun belum berqurban, dapat memanfaatkan kesempatan itu hingga 3 (tiga) hari kedepan,” terangnya.

Baca Juga :  Baper Ma' Polsek Tanete Riaja Bersama Warga Lompo Tengah Tempel Lubang Jalan

Bila kita mengkaji hikmah yang terkandung dalam Ibadah Qurban, lanjut Suardi menjelaskan. Sekurang-kurangnya ada dua dimensi, yaitu dimensi ritual; yaitu pelaksanaan qurban semata-mata karena memenuhi perintah Allah dan Rasul-Nya.

Kemudian dimensi sosial; yang bermaksud bahwa daging qurban yang dibagikan dapat menjadi perekat antara si-kaya dan si-miskin.

“Selanjutnya dengan hari raya Idul Qurban yang kita laksanakan hari ini, diharapkan akan menjadi momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar serta penuh semangat dalam menghadapi segala tantangan dan cobaan dalam kehidupan kita, yang justru dengan kualitas pribadi dimaksud akan menjadi potensi dalam mewujudkan Barru yang lebih baik, Insya Allah,” pungkas Suardi.

Dengan momentum Hari Raya Qurban ini diharapkan kita semua sebagai pengikut Rasululullah Muhammad saw untuk menyiapkan pribadi-pribadi yang rela berkorban untuk kemaslahatan orang banyak sebagai mana yang pernah dicontohkan oleh keluarga Nabi Ibrahim AS,

“Akhirnya, pada kesempatan yang mulia ini, saya atas nama pemerintah daerah kabupaten Barru, masyarakat, dan pribadi mengucapkan, ‘Selamat merayakan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H, mohon maaf lahir dan bathin,” ucapnya. ( Udi)

Berita Terkait

Empat Tahun Insentif Mantan Kadus Baturebbange Tak Dibayarkan
Bupati MYL Harap Penghuni Rutan Pangkep Tidak Lagi Berniat Jadi Warga Binaan
Jumlah Staf Ahli DPRD Barru Dinilai Gemuk
Suardi Sebut Bantuan Operasional Masjid Tanpa Proposal
Legislator Barru Sambangi PT Semen Conch di Jakarta
Kapolres Barru Melayat Ke Rumah Duka Korban KA
ASN dan PPPK Pangkep Diguyur THR Rp 35 Milyar
Merasa Difitnah, Komisioner Bawaslu Curhat Diforum KPU Barru

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 03:38 WIB

Suardi Bersama Plt Ketua PKK Merasa Bersyukur Barru Terhindar Dari Bencana

Rabu, 30 Agustus 2023 - 20:47 WIB

Anggota DPRD Barru Kunker ke Wajo

Kamis, 27 Juli 2023 - 13:02 WIB

Fraksi Golkar Soroti Capaian Silpa Pemkab Barru Sebesar Rp 113 Milyar

Minggu, 26 Mei 2024 - 09:18 WIB

Ketua Komisi I Pimpin Kunker DPRD Barru ke Balikpapan Jajaki Peluang Penyanggah IKN

Minggu, 10 Maret 2024 - 17:32 WIB

Banjir ‘Kepung’ Lima Kecamatan di Pangkep

Minggu, 12 Februari 2023 - 21:27 WIB

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Terapung di Perairan Liukang Tangaya

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:47 WIB

Pasca Raker Progres APBD Pokok, DPRD Barru Pantau Pèmbangunan Jalan

Jumat, 14 Juni 2024 - 21:12 WIB

Deputi Asisten Administrasi USAID Terkesan Jadi Mitra Bersama Pemkab Barru

Berita Terbaru

Daerah

Suardi Nilai Desain Maskot SiPade Luar Biasa

Senin, 15 Jul 2024 - 07:46 WIB

You cannot copy content of this page