instagram youtube

Alasan Pemilik Lahan Demo BPN dan Notaris Di Barru

Rusdi - Penulis Berita

Sabtu, 11 Februari 2023 - 12:54 WIB

Minasanews.Com.Barru— Seorang warga Kampung Labuange desa Kupa kecamatan Mallusetasi sengaja memobilisasi massa untuk menggelar demo di kantor BPN Barru dan pihak Notaris di jalan Sultan Hasanuddin, Jum’at(10/2). Pengunjuk rasa itu diperkirakan berjumlah 30 an orang.

Warga itu bernama Basri, asal kampung Labuangnge, desa Kupa Kecamatan Mallusetasi membawa massa lantaran lahan yang diklaim sebagai miliknya telah diterbitkan Akta Jual Beli( AJB) nya oleh Notaris dan memperoleh persetujuan dari pihak BPN setempat.

Massa yang dibawah pemilik lahan ini melakukan orasi sembari membentangkan spanduk . Basri mengaku memprotes dokumen tanah miliknya karena dibuatkan AJB tanpa sepengetahuan dirinya sebagai pemilik tanah.

“Kami kesini melakukan aksi demo karena mencari keadilan atas perkara dokumen tanah milik saya yang justru diterbitkan AJB nya tanpa sepengetahuan kepada saya sebagai pemilik lahan,” ucap Basri dengan nada protes.

Pemilik tanah yang mengklaim sebagai lahan miliknya ini memprotes Akte Jual Beli (AJB) atas tanah itu. “Ada keanehan mengapa Notaris menerbitkan AJB itu. Ironisnya lagi malah disetujui oleh Kantor ATR/BPN Barru dan lagi tanpa saya ketahui,” bebernya.

Bahkan menurut Basri yang semakin mengherankan dirinya mengapa kepemilikan lahan ini sudah berubah menjadi milik orang lain.

“Sebagai pemilik lahan. Kami meminta pihak ATR/BPN Barru mengkaji ulang proses balik nama atas dugaan pemalsuan AJB dari Notaris senilai Rp 452 juta,” ujar Basri dengan suara lantang.

Baca Juga :  Sabu 30 Kg Senilai Rp 42 Milyar Disimpan Dalam Kemasan Snack Durian, Pemilik Sabu Ditetapkan Tersangka

Ironis memang, kata Basri lagi. Kenapa lahan milik saya sekarang memiliki dua AJB. Salah satu dari AJB itu ada yang nilainya Rp 715 juta dan satunya lagi Rp 452 juta.

“Adanya dugaan AJB ganda, nanti kita diketahui pada tahun 2021 dan ketika memasuki awal 2023 justru kami disomasi dan diminta untuk mengosongkan rumah dan tanah yang kami tempati itu,” urai Basri.

“Ada dugaan AJB tersebut direkayasa kemudian dilakukan perubahan nama. Istri saya ini semestinya menjadi nama pemilik lahan. Tetapi kenapa justru yang tertera ada nama orang lain yang lagi-lagi tanpa sepenggetahuan saya,” imbuhnya.

Aksi demo tidak hanya dilakukan di halaman kantor ATR/BPN Barru tapi juga di depan kantor notaris sebagai pembuat dokumen AJB tersebut.

Demo didua kantor ini dikawal ketat pihak kepolisian dan dipimpin langsung Kabag Ops Polres Barru, Kompol Muh. Ridwan.

Sementara itu Kepala Kantor ATR/BPN Barru, Daud Wijaya Sitorus menerima Basri dan beberapa perwakilan massa di ruang rapat kantornya. Daud menyatakan sebenarnya perkara ini sudah pernah dimediasi.

Baca Juga :  Suardi Harap Visi RPJPD Bisa Bawa Ekonomi Barru Masuk 10 Besar di Sulsel

Apabila pemilik lahan merasa tidak puas atas masalah ini. Daud mempersilahkan Basri bila ingin menggugat perkara dengan menempuh jalur hukum.

“Jika pemilik lahan merasa tidak puas. Silahkan tempuh jalur hukum untuk menggugat perkara ini melalui prosedur yang berlaku,” ujar Daud.

Dalan penjelasan Kepala ATR/BPN ini menyatakan bahwa berkas permohonan balik nama dilakukan Notaris Tresita Wahida. Sehingga bila Basri ingin ke pihak berwajib maka silahkan laporkan pemohon.

“Dokumen AJB yang dimasukkan Tresita ke kami sudah legal. Begitu pula SHGB no.4 itu telah saya tanda tangani. Bahkan sudah dilakukan proses balik nama. Jadi kalau memang merasa keberatan, silahkan dilaporkan (pemohon notaris) kalau mau ke pihak berwajib,” terangnya

Notaris Tresita Wahida yang hadir di lokasi pertemuan, setelah difasilitasi oleh Kepala Kantor ATR/BPN Barru. Dalam pertemuan ini. Tresita sempat mendengar semua keberatan yang disampaikan oleh Basri bersama massa yang dibawah. Hanya saja notaris ini tidak diberikan kesempatan untuk berbicara dalam pertemuan ini.( Udi)

Berita Terkait

Suardi Target Kontingen PGRI Barru Juara Umum 2 Porseni Sulsel
Legislator Barru Mulai Reses Masa Sidang ke III
Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Audience Bupati Barru
Legislator Barru Temukan Tanggul Sungai Dalapokkoe dan Lojie Hancur Pasca Diterjang Banjir
Ketua DPRD Pimpin Sidang Paripurna Hari Jadi Barru
Harga Komoditi Naik, Sekda Pangkep Sidàk Pasar
Suardi Boyong Pejabat Barru Open House Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel
Realisasi PAD Barru 2023 Rp 108 Milyar, Target 2024 Sebesar Rp 112,658 Milyar

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juli 2023 - 17:56 WIB

Bupati MYL Sambut 207 Jamaah Haji Pangkep

Kamis, 27 Juni 2024 - 16:31 WIB

Manajemen PT Semen Tonasa Ikuti Turnament Mini Soccer, Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke 78

Rabu, 17 April 2024 - 18:28 WIB

Suardi Desak Dinsos Telusuri Beras Bantuan CPP Hilang

Senin, 17 Juli 2023 - 10:16 WIB

Pesan Bupati MYL ke Pengurus PORDI Pangkep Tunjukkan Prestasi

Senin, 8 Januari 2024 - 06:42 WIB

Suardi Dorong KKDB Gelar Aksi Nyata Diseluruh Kecamatan

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:44 WIB

Anggota DPRD Barru Medical Chak Up di Prodia

Selasa, 2 Mei 2023 - 16:50 WIB

Rutan Kelas II B Barru Upacara HBP ke 59 Secara Virtual

Rabu, 19 Juli 2023 - 20:42 WIB

Tiga Aspirasi Anggota DPRD Barru Masuk Pembahasan Rapat Bamus

Berita Terbaru

You cannot copy content of this page