instagram youtube

Aneh Bank BRI Barru Transfer Insentif Pegawai Syara Triwulan Ketiga, Kesra Bantah Proses Triwulan Kedua Saja Belum

Rusdi - Penulis Berita

Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:52 WIB

Minasanews.Com.Barru— Pembayaran insentif Imam Masjid, Guru Mengaji dan Pegawai Syara yang merupakan leading sektor Bagian Kesra Pemkab Barru terus dirundung masalah.

Selain masih ada yang belum dibayarkan insentifnya di triwulan pertama karena berbagai masalah teknis. Begitu pula ditriwulan kedua belum ada yang dibayarkan karena Bagian Kesra masih melakukan proses administrasi.

Namun sejak pembayaran insentif dialihkan dari proses tunai menjadi non tunai justru masalahnya semakin kompleks karena secara bersamaan antara proses non tunai. Saat ini dilakukan lagi perpindahan Bank dari BRI ke BSI.

H Sakka, Salah seorang Pegawai Syara pada Masjid Nurul Aksa di kelurahan Sumpang justru mengaku sudah menerima pembayaran insentif triwulan ketiga.

Pegawai Syara ini sempat membawa bukti buku Bank BRI dihadapan Kabag Kesra Pemkab Barru, Irham Jalil, untuk membuktikan bahwa dirinya telah menerima tranafer sebesar Rp 1.950.000.

“Insentif senilai itu sudah kami cairkan karena ada yang transfer masuk ke rekening saya dan uang itu sudah diambil. Seluruh jumlah hasil transfer melalui Bank BRI itu saya cairkan semua karena berfikir pembayaran insentif akan dialihkan ke Bank BSI,” beber Sakka.

Baca Juga :  Bupati Barru Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Logo HUT Barru ke 64

Sementara itu Kabag Kesra Pemkab Barru Irham Jalil yang dikonfirmasi Selasa (15/8/2023) kurang yakin dengan adanya transfer pembayaran insentif triwulan ketiga itu. Meski secara nyata seorang pegawai Syara bernama H Sakka menerima transfer pembayaran yang ditransfer via BRI pada tanggal 25 April 2023 sebesar Rp 1.950.000.

Sejak pembayaran dilakukan dengan cara non tunai berbagai masalah teknis dialami dalam proses pembayaran. Diakui Irham jika pembayaran triwulan pertama saja masih ada yang belum menerima pembayaran karena kendala teknis.

“Misalnya ada yang Imam masjid, guru mengaji dan pegawai syara belum memiliki rekening sendiri dan beberapa kendala lainnya. Termasuk ada kemudian dari guru mengaji yang sudah tidak memiliki santri. Namun tetap menerima insentif. Kondisi seperti inilah yang kita evaluasi,” ucap Irham.

Baca Juga :  DPRD Barru Tutup Masa Sidang Ketiga dan Pembukaan Sidang Pertama

Terkait dari apa yang dialami H Sakka nanti berurusan dengan Bank BRI karena hal itu bukan lagi kewenangan Bagian Kesra dalam urusan transfer. “Sebab hal ini merupakan wilayah teknis dari pihak Bank yang sebelumnya membayarkan insentif para Imam masjid, guru mengaji dan pegawai syara,” ujarnya.

Apalagi saat ini untuk pembayaran insentif itu tidak lagi ditangani pihak BRI karena sudah dialihkan ke BSI. “Sekarang pihak Bagian Kesra tidak lagi melakukan pola lama dengan sistem pembayaran tunai. Melainkan saat ini pembayaran dilakukan dengan non tunai melalui transfer pihak Bank,” kata Irham.

“Sistem pembayaran non tunai sama sekali bukan keinginan dari Bagian Kesra. Tetapi pihak Badan Pemeriksa Keuangan( BPK) melalui regulasi yang ada dan mengharuskan kita melakukan pembayaran dengan cara non tunai,” pungkasnya.( Udi)

Berita Terkait

Badan Kehormatan DPRD Barru Minta Legislator Lebih Aktif
DPRD Barru Tiga Hari Bahas KUPA-PPAS 2023
Sehari DPRD Barru Jadwalkan Konsultasi dan Kunker
Semen Tonasa Kembali Raih 6 Penghargaan K3 dari Dinas Ketenagakerjaan Sulsel
Baru Setahun Dilantik, PPI Sulsel Nilai PPI Barru Paling Aktif Berkegiatan
Pemkab Pangkep Gelar Makan Gratis Kemerdekaan
Bupati Barru Ajak Investor Berinvestasi di Barru
KPU Barru Terima 6 Unit Kendaraan Operasional

Berita Terkait

Selasa, 15 Agustus 2023 - 18:08 WIB

Bagian Kesra Hampir Rampungkan Pembayaran Triwulan 1-2 Insentif Imam Masjid, Guru Mengaji dan Pegawai Syara

Minggu, 24 September 2023 - 21:49 WIB

Aplikasi Lapor SP4N Diskominfo SP Jalan 4 Tahun Jaring 104 Pengaduan

Senin, 6 November 2023 - 05:07 WIB

Sehari DPRD Barru Jadwalkan Konsultasi dan Kunker

Senin, 14 Agustus 2023 - 08:49 WIB

DPRD Barru Siapkan Dua Ranperda Inisiatif

Rabu, 20 September 2023 - 16:12 WIB

Dihari Kedua Tim 1 Sosialisasi Ranperda Inisiatif di Mallusetasi

Minggu, 3 September 2023 - 05:46 WIB

Bupati MYL Apresiasi Kinerja Pendidik KGBN Pangkep

Rabu, 12 Juli 2023 - 07:11 WIB

Kemenkumham Sulsel Bersama Pemkab Pangkep Bahas Tugas dan Fungsi Keimigrasian

Jumat, 1 Desember 2023 - 16:09 WIB

Tiga Perwira Polres Barru Dimutasi, Kapolres Titip Tiga Pesan

Berita Terbaru

Daerah

Bupati MYL Minta PPPK Jalankan Tugas Sepenuh Hati

Jumat, 1 Mar 2024 - 06:19 WIB