instagram youtube

Dua Wakil Barru Diverifikasi Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan

Rusdi - Penulis Berita

Selasa, 20 Juni 2023 - 10:47 WIB

Minasanews.Com.Barru— Duta kabupaten Barru diajang lomba desa dan kelurahan. Saat ini diverifikasi tim penilai dari provinsi Sulsel. Kedua wakil Barru itu, desa Paccekke dan kelurahan Takkalasi.

Tim verifikasi lapangan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 mengusung tema ‘Pemerintah yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial’.

Kedua perwakilan Kabupaten Barru ini berlokasi di kecamatan berbeda. Kelurahan Takkalasi terletak di kecamatan Balusu dan Desa Pacekke di kecamatan Soppeng Riaja. Desa Paccekke dan kelurahan Takkalasi diverifikasi, Senin(19/6/23).

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Barru Dr. Ir. Abustan, AB sebelumnya mengucapakan selamat datang sekaligus menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan ketua tim penilai beserta rombongan untuk melakukan verifikasi lapangan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke kabupaten Barru.

“Kiranya ini dapat memberikan inspirasi kesan dan semakin meningkatkan motivasi bagi masyarakat kabupaten Barru pada umumnya dan lebih khusus kepada masyarakat di dua wilayah yaitu kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke dalam rangka membangun dan memberdayakan diri, ” Ucap Abustan.

Baca Juga :  Barru 'Dikepung' Penambang Berizin

Dikatakan Sekda Abustan bahwa penyelenggaraan perlombaan Desa dan kelurahan ini merupakan agenda Nasional yang setiap tahunnya dilaksanakan, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2015 .

“Perlombaan desa dan kelurahan ini menjadi sangat penting dan memiliki peran yang strategis dalam dinamika pembangunan daerah. Dalam perspektif pembangunan daerah di kabupaten Barru, penyelenggaraan perlombaan desa memiliki relevansi dengan upaya upaya pembangunan baik yang telah, sedang dan akan terus dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Barru dalam memicu dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, ” urainya.

Dipenghujung sambutannya Sekda Barru mengatakan semoga acara verifikasi lapangan penilaian perlombaan desa/kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan ini dapat menjadi dinamit penyemangat kemajuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di 40 Desa dan 15 kelurahan se kabupaten Barru dan dapat bernilai Ibadah bagi kita.

Lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan diwakili oleh kelurahan Takkalasi kecamatan Balusu dan desa Pacekke kecamatan Soppeng Riaja.

Sementara itu, Ketua Tim lomba desa dan kelurahan yang juga kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi Sulawesi Selatan Drs. H. M. Saleh, M. Si mengatakan sangat mengapresiasi keikutsertaan kelurahan Takkalasi dan desa pacekke dalam pelaksanaan lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023.

Baca Juga :  Gegara Alih Nama Sertifikat Tanah, LITCW Demo Kantor BPN dan Notaris

“Lomba desa dan kelurahan adalah evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan, ” jelasnya

Lebih lanjut kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi Sulawesi Selatan menyatakan lomba desa dan kelurahan ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang kompetisi juara, namun jadikan keikutsertaan ini sebagai semangat gotong royong dalam membangun wilayah yang secara inovatif dan berkarakter serta mampu berdaya saing dengan kearifan lokan, kemampuan mengelola potensi yang dimiliki secara produktif dan berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah dan keterbukaan lapaangan kerja baru serta ukuran ideal dalam membangun tata kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel dan melayani serta mampu melihat kebutuhan skala prioritas.( Udi)

Berita Terkait

Mundur Sebelum Jadi Plt Kades, Jabatan Ketua BPD Binuang Kosong
Bupati MYL Janji Berikan Pelayanan Terbaik Sebagai Tuan Rumah HAB Kemenag
Media Gathering Semen Tonasa Jalin Sinergitas Bersama Jurnalis
Muslimat NU Siap Bersinergi Bersama Pemkab Barru
Luar Biasa Raihan KLA 2023 Barru Dari Madya ke Nindya
Bupati Barru Geser 45 Pejabat, Kabid Humas Diskominfo SP Jabat Camat Soppeng Riaja
Wartawan Cofee Morning Sembari Curhat Ke Kapolres Barru
Ketua DPRD Barru Pimpin Rapat Bamus Pertengahan Bulan

Berita Terkait

Senin, 16 Oktober 2023 - 15:13 WIB

Suardi Instruksikan Kades Lampoko Dirikan Posko Bantuan Korban Kebakaran

Kamis, 17 Agustus 2023 - 12:24 WIB

Semen Tonasa Lepas Tim Reaksi Cepat Menuju Gunung Bawakaraeng Pantau Keselamatan Pendaki

Minggu, 27 Agustus 2023 - 12:53 WIB

Bupati MYL Serahkan Alat Bantu Untuk Penyandang Disabilitas

Kamis, 28 September 2023 - 11:05 WIB

SD Kelas Jauh Lappatemmu Roboh Diterjang Puting Beliung

Sabtu, 4 November 2023 - 09:37 WIB

Sumber Air Waesai Terbatas, PDAM Barru Klaim Batubess Sudah Normal

Selasa, 26 September 2023 - 05:30 WIB

Suardi Harap Maulid Jadi Renungan dan Diterapkan Dalam Kehidupan

Senin, 26 Februari 2024 - 13:20 WIB

Bupati MYL Harap Pelaku UMKM Kurangi Angka Pengangguran

Minggu, 22 Oktober 2023 - 13:40 WIB

Suardi Minta Guru PAI Tiru Keteladanan Rasulullah

Berita Terbaru

Daerah

Bupati MYL Minta PPPK Jalankan Tugas Sepenuh Hati

Jumat, 1 Mar 2024 - 06:19 WIB