instagram youtube

Dua Wakil Barru Diverifikasi Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan

Rusdi - Penulis Berita

Selasa, 20 Juni 2023 - 10:47 WIB

Minasanews.Com.Barru— Duta kabupaten Barru diajang lomba desa dan kelurahan. Saat ini diverifikasi tim penilai dari provinsi Sulsel. Kedua wakil Barru itu, desa Paccekke dan kelurahan Takkalasi.

Tim verifikasi lapangan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 mengusung tema ‘Pemerintah yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial’.

Kedua perwakilan Kabupaten Barru ini berlokasi di kecamatan berbeda. Kelurahan Takkalasi terletak di kecamatan Balusu dan Desa Pacekke di kecamatan Soppeng Riaja. Desa Paccekke dan kelurahan Takkalasi diverifikasi, Senin(19/6/23).

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Barru Dr. Ir. Abustan, AB sebelumnya mengucapakan selamat datang sekaligus menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan ketua tim penilai beserta rombongan untuk melakukan verifikasi lapangan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke kabupaten Barru.

“Kiranya ini dapat memberikan inspirasi kesan dan semakin meningkatkan motivasi bagi masyarakat kabupaten Barru pada umumnya dan lebih khusus kepada masyarakat di dua wilayah yaitu kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke dalam rangka membangun dan memberdayakan diri, ” Ucap Abustan.

Baca Juga :  Legislator DPRD Barru Kunker Jaring Aspirasi Warga Desa Nepo

Dikatakan Sekda Abustan bahwa penyelenggaraan perlombaan Desa dan kelurahan ini merupakan agenda Nasional yang setiap tahunnya dilaksanakan, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2015 .

“Perlombaan desa dan kelurahan ini menjadi sangat penting dan memiliki peran yang strategis dalam dinamika pembangunan daerah. Dalam perspektif pembangunan daerah di kabupaten Barru, penyelenggaraan perlombaan desa memiliki relevansi dengan upaya upaya pembangunan baik yang telah, sedang dan akan terus dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Barru dalam memicu dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, ” urainya.

Dipenghujung sambutannya Sekda Barru mengatakan semoga acara verifikasi lapangan penilaian perlombaan desa/kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan ini dapat menjadi dinamit penyemangat kemajuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di 40 Desa dan 15 kelurahan se kabupaten Barru dan dapat bernilai Ibadah bagi kita.

Lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan diwakili oleh kelurahan Takkalasi kecamatan Balusu dan desa Pacekke kecamatan Soppeng Riaja.

Sementara itu, Ketua Tim lomba desa dan kelurahan yang juga kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi Sulawesi Selatan Drs. H. M. Saleh, M. Si mengatakan sangat mengapresiasi keikutsertaan kelurahan Takkalasi dan desa pacekke dalam pelaksanaan lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023.

Baca Juga :  Suardi Motivasi Pramuka Barru Cetak Pembina Berkualitas

“Lomba desa dan kelurahan adalah evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan, ” jelasnya

Lebih lanjut kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi Sulawesi Selatan menyatakan lomba desa dan kelurahan ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang kompetisi juara, namun jadikan keikutsertaan ini sebagai semangat gotong royong dalam membangun wilayah yang secara inovatif dan berkarakter serta mampu berdaya saing dengan kearifan lokan, kemampuan mengelola potensi yang dimiliki secara produktif dan berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah dan keterbukaan lapaangan kerja baru serta ukuran ideal dalam membangun tata kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel dan melayani serta mampu melihat kebutuhan skala prioritas.( Udi)

Berita Terkait

Semen Tonasa Rilis Situs Prasejarah Taman Kehati dan Geopark Bulu Sipong Dalam Rencana Pengelolaan Warisan Budaya
Sebelum Bahas LKPJ 2023, Wakil Rakyat Barru Konsultasi ke Parlemen Maros
Sambut Hari Jadi ke 55, Semen Tonasa Gelar Pesta Rakyat
Disdukcapil Bersama PPO Daun Hijau Sosialisasi Perbup Layanan Adminduk Desa-Kelurahan
Bupati MYL Sidak Pasar Jelang Idul Adha
Suardi Dorong Kades-BPD Bermitra Sejahterakan Warga
Dihajatan Mappalili, Suardi Urai Kunci Sukses.Pertanian
Program Beach Clean Up PT PLN Indonesia Power UBP Barru Kumpul 2 Ton Sampah

Berita Terkait

Minggu, 10 Maret 2024 - 05:35 WIB

Wakil Rakyat Barru ke BPBD Majene dan Polman Belajar Implementasi Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana

Selasa, 28 Mei 2024 - 17:58 WIB

Raih Opini WTP 13 Kali, MYL Harap Jadi Penyemangat Peningkatan Kinerja

Senin, 28 Agustus 2023 - 19:12 WIB

Anggota Dewan Tidak Kuorum, Rapat Penyerahan KUA-PPAS 2024 Tertunda

Minggu, 22 Oktober 2023 - 13:58 WIB

Kapolres Barru Ajak Jurnalis Jadi Colling System dan Cegah Berita Hoaks

Rabu, 18 Oktober 2023 - 20:23 WIB

Ketersediaan Air Bersih PDAM Barru Paling Disorot Dalam Raker El Nino Dewan

Kamis, 21 Desember 2023 - 13:56 WIB

Semen Tonasa Peroleh Predikat Hijau Pengelolaan Lingkungan 2023

Minggu, 26 Mei 2024 - 09:26 WIB

DPRD Barru Konsultasi Dampak Banjir di BBWS Pompengan Jeneberang

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:24 WIB

Semen Tonasa Konsisten Jaga Bulu Sippong Sebagai Kawasan Konservasi

Berita Terbaru

Peristiwa

Kakek 80 Tahun Tewas Diserempet Kereta Api di Barru

Jumat, 19 Jul 2024 - 21:29 WIB

You cannot copy content of this page