instagram youtube

Hari Pers Nasional dan Kebebasan Menulis

admin - Penulis Berita

Jumat, 10 Februari 2023 - 17:58 WIB

Muh Arsy Jailolo Ketua Umum HMI Cabang Makassar

Muh Arsy Jailolo Ketua Umum HMI Cabang Makassar

Minasanews.com, Makassar – Pers adalah badan yang membuat penerbitan media massa secara berkala. Secara etimologis, kata Pers (Belanda), atau Press (inggris), atau presse (prancis), berasal dari bahasa latin, perssare dari kata premere, yang berarti “Tekan” atau “Cetak”, definisi terminologisnya adalah “media massa cetak” atau “media cetak”.

Media massa, menurut Gamle & Gamle adalah bagian komunikasi antara manusia (human communication), dalam arti, media merupakan saluran atau sarana untuk memperluas dan memperjauh jangkauan proses penyampaian pesan antar manusia.

Dalam UU pers no 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Secara umum, fungsi dan peranan pers adalah sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, sebagai lembaga ekonomi, dan sebagai media kontrol sosial.

Baca Juga :  Raih Opini WTP 13 Kali, MYL Harap Jadi Penyemangat Peningkatan Kinerja

Menurut Harold D. Lasswell dan Charles R. Wright (ahli komunikasi media massa), ada tiga fungsi pers, pertama sebagai Alat Pengamat Sosial (Social Surveillance): Pers atau media massa merupakan lembaga yang mengumpulkan dan menyebarkan berbagai informasi dan pemahaman yang objektif terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

Kedua, sebagai Alat Sosialisasi (Sosialization) Pers atau media massa dapat berfungsi sebagai alat sosialisasi mengenai nilai-nilai sosial dan mewariskannya dari satu generasi ke genarasi  berikutnya.

Ketiga,sebagai Alat Korelasi Sosial (Social Correlation) Pers juga dapat berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai kelompok sosial yang ada di masyarakat. Hal ini bisa tercapai dengan cara   menyebarkan berbagai pandangan yang ada sehingga tercapai suatu konsensus.

Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari di Indonesia. Peringatan Hari Pers Nasional jugat bertepatan dengan hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Perayaan Hari Pers Nasional 2023 yang berlangsung Kamis (9/2/2023) mengangkat tema

Baca Juga :  Pedagogi Hitam Sistem Pendidikan yang tidak Relevan dengan Masa Kini

“Pers Bebas Demokrasi Bermartabat”. Tahun ini, peringatan ke-28 ini akan diselenggarakan terpusat di Medan, Sumatra selatan.

Maka dari pada itu, HMI Cabang Makassar dalam hal ini disampaikan langsung oleh ketua Umum HMI Cabang Makassar, Muhammad Arsyi Jailolo, selamat Hari Pers Nasional. Semioga Insan Pers Indonesia dan dunia selalu menjadi garda terdepan pilar kebangsaan kita, karena Pers dan dunia jurnalist adalah bagian dari pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia, dgn peran sebagai pewarta informasi bangsa, dan kami berharap kekerasan, intimidasi yang dialami oleh kawan kawan jurnalist juga tidak terjadi lagi, HMI Cabang Makassar meminta untuk Pers mendapatkan support dan perlindungan dari negara.

Selanjutnya juga kami di HMI memiliki Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Makassar yang siap berkolaborasi dengan insan Pers lainnya.


 

Berita Terkait

PT Vale, Pemerintah, Oligarki, dan Masa Depan Masyarakat Luwu Timur
Tidak Ada yang Lebih Puitis Dari Pada Berbicara Kebenaran
MUSCAB Pemuda Pancasila SAPMA UNM Menuai Berbagai Kontroversi
Terima Kasih Bahtiar, Telah Menyimpan Banyak Kisah di Sulsel
Demokrasi Ideal
Kota Bola Tanpa Stadion, Bagaikan Kota Tanpa Siri’
Perempuan Pekerja Migran dan Masalah Kekerasan
Masa depan Suku Bajau yang bermukim di Morowali

Berita Terkait

Jumat, 18 Agustus 2023 - 11:04 WIB

Petualang Baru di Medan Perjuangan Sesungguhnya

Rabu, 24 Mei 2023 - 15:01 WIB

PT Vale, Pemerintah, Oligarki, dan Masa Depan Masyarakat Luwu Timur

Senin, 3 April 2023 - 10:54 WIB

Minimnya Representasi Perempuan Dalam Agenda Prioritas Reformasi Birokrasi Pemerintah Indonesia

Minggu, 5 Mei 2024 - 00:00 WIB

Siapa AKBP Dodik Susianto, S.I.K Sosok Dibalik Pengungkapan Kasus Sabu 30 Kg

Minggu, 30 April 2023 - 18:23 WIB

Beda Pilihan Jelang Tahun Politik 2024

Kamis, 11 Mei 2023 - 13:02 WIB

Cermati Langkah Judicial Review, Kewenangan Kejaksaan Tangani Kasus Korupsi

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:26 WIB

Demokrasi Ideal

Kamis, 16 Februari 2023 - 13:40 WIB

Penguasa dan Cendekiawan

Berita Terbaru

Hukum & Kriminal

Lima Residivis Narkoba Kabur Didor Timah Panas

Selasa, 18 Jun 2024 - 12:36 WIB

You cannot copy content of this page